Dua Distrik 100 Persen Dukung Usman-Dinus | Pasific Pos.com

| 19 July, 2019 |

Dua Distrik 100 Persen Dukung Usman-Dinus

Headline Penulis  Senin, 21 November 2016 12:09 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ribuan masyarakat hadiri kampanya Paslon nomor urut 1 Usman-Dinus di Distrik Wunin.

 

KARUBAGA,- Ribuan masyarakat yang ada di dua distrik di Dapil 4, yakni Distrik Wunin dan Distrik Kai menyatakan dukungan 100 persen kepada pasangan Calon Bupati Tolikara nomor urur 1, Usman G Wanimbo-Dinus Wanimbo atau dijuluki MANIS.

Hal ini terungkap dalam kampanye terbuka  pasangan MANIS yang dipusatkan di Distrik Wunin baru-baru ini. Dihadapan ribuan massa ini, Calon Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE, M. Si memaparkan keberhasilannya dalam memimpin Tolikara dalam 4 tahun lebih. Namun menurutnya belum maksimal lantaran dari awal harus menyelesaikan semua konflik selama dua tahun.
“Tahun pertama dan kedua, kami selesaikan konflik Pilkada 2012, yang saat itu memakan korban jiwa sehingga penyelesaiannya butuh waktu lama, karena memang rumit, namun bisa dituntas,” ungkapnya kepada ribuan warga.
Apalagi kata Usman,  di masa pemerintahannya juga harus membangun kembali rumah-rumah yang terbakar pasca konflik.  Selain itu, Kabupaten Tolikara pada saat penjabat bupati atau pemerintahan perintis, belum memiliki  dokumen rencana pembangunan. Begitu juga periode pertama pemerintahan tidak memiliki perencanaan pembangunan, sehingga hanya membangun saja tanpa ada dokumen perencanaan.
“Selain selesaikan konflik, tahun pertama kami susun dan siapkan dokumen perencanaan pembangunan daerah, RPJMD dan RPJPD. Juga RTRW, RTBL dan RTDL serta turunannya, sehingga pembangunan Tolikara sudah terencana dan konferhensif berbagai sektor, baik pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan,” jelas  Usman Wanimbo.
Setelah itu, lanjut Usman, pihaknya baru bisa fokus dan total melakukan pembangunan di tahun ketiga baik jalan, jembatan, perumahan, perkantoran dan lainnya. “Kami juga membangun dari kampung ke kota. Ini sudah banyak bukti,” ujarnya.
Untuk di Distrik Wunim,  Petahana Bupati Usman mengakui belum tersentuh pembangunan karena aksesnya sulit, namun pihaknya berusaha hingga baru bisa ditembus jalan darat masuk.  “Dulu kendaraan tidak
bisa masuk, tapi sekarang sudah lancar, namun tahun kelima sudah masuk tahun politik,” ucapnya.
Akibatnya, pada masa pemerintahannya pembangunannya tidak menonjol untuk membangun sesuai dengan dokumen perencanaan.  Untuk itu, jika ia
terpilih menjadi Bupati Tolikara, ia optimis pembangunan akan semakin kelihatan dan perubahan lebih meningkat signifikan.
Apalagi, dalam kepemimpinannya, sudah membangun jalan menghubungkan Karubaga, Ibukota Tolikara ke distrik Bokondini dan Distrik Wunin yang sudah tersambung.  Dan, dari Distrik Wunin ke Timori, anggarannya sudah ada, sehingga pihaknya akan bekerjasama dengan Pemprov Papua untuk menyelesaikannya.
“Pendidikan, kesehatan dan ekonomi di Wunin akan lancar jika akses jalannya sudah dibangun dengan baik. Untuk itu, infrastruktur jalan ini menjadi prioritas saya di Wunin dan itu sudah berhasil dan sukses.
Untuk itu, periode berikutnya pembangunan akan saya mulai dari Wunin,” tandas Usman.
Usman beralasan lantaran Wunin merupakan daerah yang memiliki hasil bumi melimpah, termasuk buah-buahan dan sayuran.  “Ya, ribuan masyarakat di Wunin dan Kai meminta pembangunan jalan harus jadi termasuk sektor lain. Untuk itu, jika terpilih saya akan bangun mulai dari Wunim, termasuk sekolah SMA/SMK jadi prioritas, karena sampai saat ini belum ada, sehingga mereka sekolah ke Jayapura atau Wamena,” ujarnya.
Namun Usman optimis dan mampu menang di Distrik Wunin dan Kai. Apalagi, mereka total dan 100 persen menyatakan dukungannya ke paslon nomor urut 1.
“Mereka 100 persen mendukung paslon dari Koalisi Tolikara Membangun, Usman-Dinus.  Bahkan, komitmen itu sudah selesai beberapa bulan lalu dan sistem noken sudah dilakukan,” ucapnya.
Untuk itu, pihaknya mengharapkan kepada KPU, Panwaslu dan pihak keamanan untuk betul-betul bekerja sesuai aturan dan mekanisme serta semua harus netral.
“Jika salah langkah, bisa bahaya dan akan menyala. Karena itu, semua harus berjalan sesuai koridor. Jangan coba-coba melakukan kesalahan disini karena salah,  akan menyala,” tegas Usman Wanimbo Koordinator Juru Kampanye Usman-Dinus,  Sonny Wanimbo mengaku sangat puas dengan dukungan dari ribuan massa di Distrik Wunin dan Kai.
“Dukungan masyarakat di dua distrik ini, luar biasa. Kami minta masyarakat tidak terprovokasi isu-isu yang dikembangkan pihak lain, agar tidak terjadi konflik,” pintanya.
Oleh karena itu, Tim koalisi berjanji akan mengawal aspirasi masyarakat untuk pemekaran distrik dan kampung, pembangunan rumah rakyat dan pembangunan lainnya.
Sementara itu, Simson Jikwa, salah seorang tim kampanye menambahkan, jika pihaknya berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai tujuan pembangunan Tolikara dari tim Paslon Manis.
“Pembangunan bukan hanya fisik saja, tetapi juga sumber daya manusianya. Itu yang akan dilakukan oleh paslon Usman-Dinus,” tandasnya.
Menurut  Jikwa, bukan hanya yel-yel dengan membangun barang-barang fisik tapi kita juga perlu mendidik kepada masyarakat supaya mereka mengerti apa itu pembangunan dalam bahasa daerah.
“Jadi kalau dalam kampanye ada bahasa daerah itu berarti bukan bicarakan hal lain, karena kebanyakan di kampung itu kan berbahasa daerah dengan istilah-istilah di daerah itu supaya masyarakat mengerti lalu menentukan arah kedepan, “
Ia menambahkan bahwa, dalam kampanye MANIS ini  ada banyak aspirasi dan input-input yang disampaikan oleh masyarakat. “ Jadi tujuan kami disini adalah mendidik karena itu bagian dari tujuan pembangunan di Tolikara dari Tim pasangan MANIS, “ tutup  Simson Jikwa. (Tiara)

Dibaca 400 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.