Gubernur Ngotot Dorong Freeport Bangun Smelter di Mimika | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Gubernur Ngotot Dorong Freeport Bangun Smelter di Mimika

Headline Penulis  Kamis, 10 November 2016 16:28 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gubernur  Papua Lukas Enembe, SIP, MH

 

SIDOARJO,- Gubernur  Papua Lukas Enembe, SIP, MH  mengakui  terus berupaya mendorong Freepoert untuk membangun  Smelter di Kabupaten Mimika. Karena itu akan menyerap  lebih banyak tenaga kerja, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dikatakan, jika Freeport membangun Smeelter otomatis industri ikutan pun perlahan  hadir di Mimika,  seperti listrik  semen, pupuk, besi baja  dan lain-lain. “Freeport  setiap saat  mengambil emas dari gunung di Papua,   tapi  malah membangun  Smeelter  atau pabrik peleburan besi di Gresik (Jatim).  Negara   lebih cenderung   mendukung praktek  monopoli ekonomi,  dari pada  mengembangkan  industri. Kami  tak  menginginkan  praktek monopoli  yang dijalankan negara di Papua,” katanya.  
Karena itu,  pihaknya  terus  melancarkan protes, dengan alasan  industri harus berada  ditempatnya  bukan justru dibawa keluar. Pasalnya, jika industri dibangun di Papua, maka APBD Provinsi, Kabupaten/Kota akan terserap untuk membeli  bahan –bahan pokok.
Ia mengatakan,  pembangunan Papua  hanya mengharapkan produk-produk yang didatangkan dari luar Papua, sebagian besar dari  Surabaya.  “Jadi APBD kita  kelihatan  besar, tapi semuanya lari keluar tanpa  pertumbuhan yang signifikan, karena  tak ada industri di Papua,” ujarnya. (Bams)

Dibaca 285 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.