Kapolda Waterpauw Tinjau Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Jayapura | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Kapolda Waterpauw Tinjau Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Jayapura

Headline Penulis  Selasa, 08 November 2016 21:17 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kapolda Papua Irjend Pol Paulus Waterpauw didampingi Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Ariyanto, Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK, Kabag Ops Polres Jayapura AKP Roberth Hitipeuw dan Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Jerry Koagouw, SH, MH, saat berbincang-bincang dengan Ketua KPU Kabupaten Jayapura Lidia Maria Mokay, S.Sos, dalam kunjungannya untuk memantau secara langsung keamanan dan kesiapan Pilkada Serentak tahun 2017 di Kabupaten Jayapura.

 

SENTANI - Kapolda Papua Irjend Pol. Drs. Paulus Waterpauw SH, mengunjungi KPU Kabupaten Jayapura yang melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak Jilid II Tahun 2017 mendatang. Kapolda Waterpauw turun ke lapangan guna memantau secara langsung keamanan dan kesiapan Kabupaten Jayapura menyelenggarakan Pilkada 2017 tersebut.

Kunjungan Kapolda Waterpauw ke KPU Kabupaten Jayapura ini disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Jayapura Lidia Maria Mokay, S.Sos, didampingi sejumlah Komisioner KPU Kabupaten Jayapura lainnya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Yanto Dago, SE.
Turut dihadiri Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Ariyanto, sejumlah pejabat Polda Papua, Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK, Kabag Ops Polres Jayapura AKP Roberth Hitipeuw, SH, MH, Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Jerry Koagouw, SH, MH. Kunjungan Kapolda Waterpauw ini diawali dari Polres Jayapura, setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Jayapura.
Kepada awak media, Kapolda Papua Irjend Pol. Paulus Waterpauw menegaskan bahwa pihaknya datang berkunjung ke Kabupaten Jayapura untuk melihat sejauh mana persiapan dan kesiapan dari penyelenggara Pemilukada Serentak Jilid II Tahun 2017 nanti.
“Saya bersama pak Karo Ops dan juga pak Dir Intel datang ke Polres Jayapura atau Kabupaten Jayapura untuk secara bersama-sama melihat aktivitas dari teman-teman daripada penyelenggara Pemilukada di Kabupaten Jayapura,” jelasnya usai kunjungannya ke Kantor KPU Kabupaten Jayapura, Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (7/11) kemarin.
“Tadi (kemarin) kita sudah ketemu dengan ibu ketua KPU dan sejumlah komisioner, dimana kita melihat ada aktivitas yang baik, tertib dan semua berjalan sebagaimana yang kita lihat bersama-sama ini,” sambung Kapolda.
Masih kata Kapolda Waterpauw bahwa ada beberapa masukan dari ibu Ketua KPU dan juga komisioner KPU lainnya seperti ada distrik-distrik yang menjadi batas-batas antar kabupaten baik itu Kabupaten Jayapura dengan Kabupaten Yalimo, Kabupaten Jayapura dengan Mamberamo, Kabupaten Jayapura dengan Keerom dan Kabupaten Jayapura dengan Kota Jayapura.
“Hal ini dikarenakan jarak dan juga keadaan alam maupun yang lain-lain, maka ini pasti akan menjadi kendala dan hambatan tersendiri bagi penyelenggara. Sehingga nanti kita akan kolaborasi bersama-sama untuk penempatan personil dan juga perkuatan-perkuatan pengamanan,” tegasnya.
“Artinya, kita mau mendukung apa yang menjadi rencana dan program kegiatan daripada KPU agar suksesnya penyelenggaraan Pilkada ini. Maka itu kami dari keamanan pasti akan membantu dengan penuh, apa-apa yang diminta oleh pihak penyelenggara itu pasti kita mendukungnya,” tambah dia.
Lanjut Kapolda Waterpauw, “Sementara inikan karena anggarannya semua berada di kabupaten maka sepenuhnya ada di Kapolres. Hanya saja nanti kalau kekuatan memang di Polres perlu dimaksimalkan, maka kita siap mendukung dari Polda. Bahkan dari Mabes Polri juga ikut memback-up kita yang ada di Polda Papua ini,”.
Ketika ditanya wartawan terkait wilayah atau distrik yang paling terjauh yang ada di Kabupaten Jayapura, Kapolda Waterpauw mengungkapkan bahwa di daerah ini terdapat wilayah yang sangat terjauh, yakni di Kampung Naira, Distrik Airu.
“Ya, wilayah atau tempat itu hanya bisa dijangkau dengan menggunakan pesawat. Jadi, ini juga biasa sangat tergantung dengan keadaan cuaca atau faktor alam. Kita akan mencoba berbicara dengan teman-teman dari instansi terkait lainnya guna mendukung penyelenggara tersebut,” tukasnya. (Jems)

Dibaca 381 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX