Detik Detik Ditemukannya Carebo DHC4A PK-SWW | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Detik Detik Ditemukannya Carebo DHC4A PK-SWW

Headline Penulis  Rabu, 02 November 2016 14:26 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Nampak puing pesawat Caribou.

 

Timika,-  Pesawat naas Karebo/DHC4A PK-SWW milik Pemda Puncak yang Lost Contec pada tanggal 31 Oktober 2016 ditemukan dalam kondisi hancur dan keempat crew tewas.

Berikut detik-detik ditemukannya pesawat naas ini :
Pukul 05.00 WIT personil yang tergabung dalam misi kemanusiaan pencarian Pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW milik Pemda Puncak mulai berdatangan di Posko Timsar Gabungan;
Pukul 05.15 WIT  dilaksanakan brifing singkat untuk Timsar Gabungan yang akan berangkat ke Jila;
Pukul 05.45 WIT telah take off Pesawat Trigana Pk- YRF dengan rute Timika-Jila-Timika, dengan membawa 10 personil Timsar Gabungan untuk melaksanakan pengecekan Lokasi terakhir CO Pesawat.
Personil yang ikut antara lain,  Praka Daniel (TNI-AU), Brigpol Sahril (Polres), Brigadir Saifudin (Polres), Ipda Iwan Rindu (Brimob), Brigadir Alex Yakob (Brimob), Wilem Simbiak (Basarnas), Risal (Basarnas), Sumadi (Basarnas), Oni (KNKT) dan Saiman ( wartawan Trans7).
Pukul 06.20 WIT  take off Sorte kedua Heli Airfast PK-OCE, pilot Kapten Ariek dan Kopilot Kapten Mervin, dari Heli Pad Airfast dengan rute Timika-Jila dengan membawa 3 orang Timsar PT. FI dan Logistik 303 Kg, adapun nama-nama yang berangkat  Hein Rumbino, Ones Nasendi dan Jhon Nuboba.
Pukul 06.25 WIT Pesawat Trigana Pk- YRF tiba di Cordinat terakhir Pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW dan langsung menemukan Lokasi jatuhnya Pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW pada CO. 04 06 27 S, 137 38 79 E, sebelah kiri Jila dengan ketinggian 12.800 Feet;
Pukul 06.30 WIT setelah menemukan lokasi jatuhnya  Pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW pada CO. 04 06 27 S, 137 38 79 E, sebelah kiri Jila dengan ketinggian 12.800 Feet, Pesawat Trigana Pk- YRF langsung kembali ke Bandara Moses Kilangin Timika. Pesawat Trigana Pk- YRF di Bandara Moses Kilangin dalam keadaan aman, adapun hasil survei Timsar Gabungan telah di temukannya lokasi jatuhnya Pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW milik Pemda Puncak pada CO. 04 06 27 S, 137 38 79 E, sebelah kiri Jila dengan ketinggian 12.800 Feet;
Setelah titik pasti ditemukan  diadakan brifing guna pelaksanaan evakuasi. Brifing ini dipimpin oleh Brigjen TNI (Mar) Ivan Ahmad Risky T (Dir Operasi Basarnas) kepada Timsar Gabungan yang akan berangkat pada sorte ketiga.
Dalam arahannya Brigjen TNU Ivan Ahmad Risky mengatakan,  hari pertama telah dilakukan pencarian namun terkendala oleh cuaca untuk hari ini kita fokus memastikan bahwa titik yang di temukanan tadi adalah target yang kita cari.
Ditegaskannya dalam evakuasi pertolangan pertama yang kita evakuasi adalah manusianya kemudian barangnya danuntuk yang membawa Senjata tolong laksanakan pengamanan materil yang baik, rangkul masyarakat di sekitar tempat pelaksanaan evakuasi.
Pukul 08.55 WIT Timsar Gabungan dengan menggunakan Helly Bell Airfast PK-OCE menemukan puing-puing Pesawat di TKP;
Pukul 09.30 WIT , Jenasah  pertama diangkat dari TKP menuju Puskesmas Jila dengan menggunakan Helly Bell Airfast PK-OCE ;
Pukul 10.10 WIT pengangkatan 2 jenasah dari TKP ke Jila dengan menggunakan Helly Bell Airfast PK-OCE ;
Pukul 10.35 WIT pengangkatan 1 jenasah dari TKP ke Jila dengan menggunakan Helly Bell Airfast PK-OCE ;
Pukul 11.30 WIT 4 Jenazah Kru Pesawat Karebo dievakuasi dari Jila ke Timika dengan menggunakan Helly Bell Airfast PK-OCE;
Pukul 12.20 WIT Heli Airfast PK-OCE, dengan  pilot Kapten Ariek dan Kopilot Kapten Mervin, dari Distrik Jila dalam keadaan aman  dengan membawa 4 orang Jenazah korban Lost Contec pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW milik Pemda Puncak.  Adapun nama-nama korban, Kapten Farhat Limi (Pilot), R. Fendi Ardianto (Co Pilot),  Steven (Mekanik) dan  Andi Baringan (Kru).
Pukul 12.30 WIT Jenazah korban Lost Contec pesawat Karebo/DHC4A PK-SWW disemayamkan depan Room Bandara Baru.
Pukul 12.45 WIT penyerahan 4 Jenazah dari Basaras kepada Polri untuk di lakukan proses identifikasi.
Pukul 12.50 WIT jenazah dibawa ke RSUD untuk dilaksanakan proses identifikasi. (Fani)

Dibaca 449 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.