Jangan Jadikan Pilkada Sebagai Proyek Pengamanan | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Jangan Jadikan Pilkada Sebagai Proyek Pengamanan

Headline Penulis  Kamis, 20 Oktober 2016 15:14 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Orwan Toliwone

 

Jayapura,- Dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2017, Kabupaten Tolikara dan Lanny Jaya yang  dianggap Polda Papua rawan akan konflik, ditanggapi Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, yang membidangi Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Orwan Toli Wone.

Orwan Toli Wone mengaku sangat tidak sependapat dengan hal itu, apalagi masyarakat kedua daerah khususnya Tolikara, tentu sudah berpengalaman dalam pelaksanaan Pilkada.
“Saya tidak sependapat dengan anggapan bahwa Tolikara berpotensi konflik dalam Pilkada.Karena saya percaya masyarakat Tolikara sudah dewasa dalam pesta demokrasi,” kata Orwan Toliwone, Rabu (19/10).
Apalagi, lanjut  Orwan, pengalaman pada pemilukada lima tahun yang lalu, tentu tidak diinginkan terulang oleh masyarakat Tolikara, karena pada waktu itu masyarakat belum paham terhadap demokrasi, namun kini semangat Pilkada tahun ini berbeda.
Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk menciptakan demokrasi yang baik, aman dan tanpa ada perselisihan di Tolikara.
Disaping itu,  Orwan juga meminta aparat keamanan maupun pemerintah pusat untuk tidak membesar-besarkan potensi konflik tersebut.
“Pilkada lima tahun lalu, bukan keinginan masyarakat, tapi ada pihak ketiga yang membuat seperti itu. Itu karena kepentingan politik, tapi kini masyarakat  sudahsemakin dewasa dan banyak belajar dari kejadian waktu itu,” ujar Orwan Toli Wone.
Untuk itu, dengan  tegas ia meminta aparat kemanaan yang sering menyampaikan bahwa beberapa daerah pegunungan Papua yang dinilai rawan konflik agar dihentikan.
 “Pernyataan itu stop. Sebaiknya laksanakan tugas dengan baik.Jangan jadikan Pilkada sebagai proyek pengamanan.Jadi, mari pihak keamanan dan masyarakat serta berbagai pihak semua peduli dan melaksanakan Pilkada dengan baik dan memiliki rasa tanggungjawab,” tandasnya.
Namun  iajuga mengharapkan  kepaada masyarakat maupun kandidat kepala daerah untuk menciptakan situasi dan kondisi keamanan dengan baik dan menunjukan masyarakat Tolikara kepada daerah lain jika mereka sudah lebih dewasa dalam berdemokrasi.(Yuni)

Dibaca 370 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX