Gubernur Bahas Bank Papua Dengan OJK | Pasific Pos.com

| 27 May, 2019 |

Gubernur Bahas Bank Papua Dengan OJK

Headline Penulis  Jumat, 14 Oktober 2016 17:44 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Sekda saat melakukan pertemuan dengan OJK, Kamis kemarin.

 

JAYAPURA,- Gubernur Papua Lukas Enembe melakukan pertemuan tertutup bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di ruang kerja  Gubernur, Kamis (12/10/2016) pagi.

Ditemui usai pertemuan Kepala Kantor OJK Papua dan Papua Barat, Misran Pasaribu mengatakan, pertemuan tersebut ada tiga hal yang dibahas yakni pelantikan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD),  pengajuan nama-anam Direksi dan Komisaris dan pemeriksan bank Papua pada beberapa KCP baik diluar maupun di Papua. “Ada tiga hal yang kami sampaikan kepada Gubernur dalam pertemuan tadi,” katanya.
Dijelaskannya, TPAKD ini merupakan tim yang bertugas membantu pemerintah provinsi Papua untuk memberikan akses kepada masyarakat Papua terhadap layanan perbankan maupun lembaga keuangan.
“Tim ini yang akan diresmikan pak Gubernur yang rencananya akan dilakukan awal November mendatang, dimana dewan komisioner OJK akan ikut dalam pelantikan nanti,” jelasnya.
Sementara mengenai terkait pengusulan calon Direksi dan Komisaris yang telah kepada OJK, Ia menjaskan ada 13 nama yang telah diajukan diantaranya 10 nama orang baru dan 3 orang lama yang saat ini masih menjabat di Bank Papua.
“Jika kami sudah menerima lengkap berkas atau dokumen yang masih kurang akan dilakukan tes wawancara di Jakarta,” terangnya.
“Tiga orang yang masih sementara menjabat sekarang cukup perpanjangan saja, namun untuk 10 nama baru, merupakan kewenangan dari OJK Jakarta yang akan memproses apakah sudah memenuhi syarat untuk menjadi direksi dan Komisaris,” terangnya.
Diakatakannya, untuk 3 orang nama ini merpakan kewenangan OJK Papua karena hanya diperpanjang masa jabatannya.
“Dari 10 ini akan mengerucut, dimana posisi direksi saat ini di Bank Papua ada empat tetapi dengan adanya calon baru ini ada enam Direktur baru, dimana untuk satu posisi direksi ada dua calon,” ucapnya.
Selain itu dalam pertemuan tersebut, OJK juga melaporkan kondisi Bank Papua saat ini, dimana OJK sementara melaksanakan pemeriksaan Bank Papua, seperti KCP Jakarta, Surabaya, Timika dan Abepira. Kami dibantu PPATK dalam pemeriksaan ini. “Kami juga melaporkan kondisi terkini bank Papua,” tambahnya. (Bams)

Dibaca 321 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX