Festival Destika Bukti Rakyat Pedesaan Kuasai Tekhnologi | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Festival Destika Bukti Rakyat Pedesaan Kuasai Tekhnologi

Headline Penulis  Kamis, 29 September 2016 13:53 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo membuka Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (DESTIKA) yang ke-4 di Kalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Rabu (28/9).

Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (DESTIKA) adalah sebuah Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) rakyat perdesaan untuk menggerakkan partisipasi desa melalui pemanfaatan TIK secara cerdas, kreatif dan produktif.
Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan sudah ada masyarakat kampung yang bisa mengolah data dengan baik meskipun ini merupakan hal yang baru.
“Mereka sudah sangat mahir dalam mengelolah data, dan mereka adalah orang orang kampung, jika mereka sudah familier dengan Teknologi Informasi saya rasa ini adalah suatu lompatan yang baik mereka bisa mengelolah data tersebut.” Ujarnya.
Ia menambahakan ini adalah suatu kemajuan yang luar biasa, dan dengan bantuan dari relawan yang terus melakukan bimbingan diharapkan bisa menjangkau Kabupaten Jayapura secara menyeluruh.
Festival Desa TIK merupakan festival tahunan yang ditujukan untuk memberdayakan komunitas desa agar mereka lebih partisipatif dan produktif melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Sementara itu Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Tegnologi Woro Indah Widiastuti mewakili Meteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  menyampaikan apresiasi dan Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura atas dukungannya dalam program TIK.
Festival desa TIK merupakan program dari Direktorat Pemberdayaan Informatika yang dimaksudkan untuk meningkatkan tata kelolah pemerintahan desa berbasis TIK agar semakin transparan dan efisien melayani dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa.
Widiastuti menambahkan penggunaan internet kini sudah dapat di nikmati hingga ke pelosok perdesaan walaupun belum merata karena terkendala infrastruktur, namun sejalan dengan penggunaan internet yang semakin meningkat tanpa disadari masyarakat sudah bisa dikatakan mampu jika pengelolahan pemerintah di tingkatkan melalui pemanfaatan program TIK.
“Tentunya dengan pendampingan dari berbagai komunitas, Pemerintah Pusat maupun daerah," pungkasnya. (Icha)

Dibaca 641 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.