Dirjen Kemenlu Tinjau Langsung Teras Indonesia | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Dirjen Kemenlu Tinjau Langsung Teras Indonesia

Headline Penulis  Selasa, 27 September 2016 12:51 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Guna memastikan wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI) – Papua New Guinea (PNG) aman dari ancaman, Dirjen Asia  Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri, Desra  Percaya turun meninjau  langsung teras Negara Indonesia, Minggu (25/9/2016) sore.

“Ini bagian dari tugas saya sebagai Dirjen Asia Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri untuk memastikan lingkungan dan kawasan kita aman dan juga masalah kedaulatan terjaga dengan baik dan tidak ada ancaman yang bisa merugikan NKRI,” kata Desra Percaya di Skouw, perbatasan RI-PNG.
Menurutnya, ancaman di wilayah perbatasan ada dua yakni kekerasan dan juga ancaman dari penyakit malaria yang merupakan penyakit yang sangat ditakutkan khususnya di Papua. “Saya sangat salut dengan jajaran Satgas 122/TC, karena wajah NKRI ada di perbatasan negara,” tandasnya.
Ia mengaku sebelum berkunjung ke Kotis Yonif 122/TS, dirinya juga baru melakukan di Vanimo, PNG. “Saya mendapatkan arahan dari Dansatgas 122/TS terkait situasi di sini dan saya menyaksikan sendiri dedikasi dari satuan ini cukup luar biasa kepada NKRI dengan menjaga perbatasan RI-PNG di wilayah Skouw,” ujarnya.
Ditambahkannya, penjelasan Dansatgas bahwa tantangan untuk menempuh enam patok perbatasan yang merupakan wilayah kerja dari Satgas 122/TS cukup sulit karena dan harus ditempuh kurang lebih empat hari pulang pergi.
“Untuk patok yang paling jauh yaitu Meredian Monumen (MM) 2.1. Ini yang menambah apresiasi saya dan kekaguman saya terhadap teman-teman yang menjaga barisan terdepan,” pungkasnya.
Ditempat yang sama, Dan Satgas Pamtas Yonif 122/TS, Letkol Infanteri Kohir menjelaskan bahwa diskusi singkat antara dirinya bersama Dirjen Asia Pasifik dan Afrika dari Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya untuk memberikan masukan terkait kondisi perbatasan mulai dari masyarakat yang melakukan lintas batas, sweeping minuman keras, membantu pemerintah daerah dalam hal pembasmian narkotika yang masuk ke Papua.
“Beliau cukup senang dengan apa yang kami lakukan, dan ini merupakan tujuan utama kami berada di Perbatasan,” kata Letkol Inf Kohir.
Dalam kunjungan tersebut Desra Percaya didampingi Konsulat Jenderal RI-PNG, Elmar Lubis . (Yadi)

Dibaca 323 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.