Anggarkan PON Papua Rp 270 Miliar | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Anggarkan PON Papua Rp 270 Miliar

Headline Penulis  Rabu, 07 September 2016 12:41 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ketua Fraksi Hanura Yan Mandenas bersalaman dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH, usai sidang Paripurna DPR Papua semalam.

 

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua mengangarkan Rp 270 Miliar kepada KONI Papua yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung Jawa Barat, 17-29 September 2016.

Jumlah anggaran tersebut sebagaimana disampaikan Ketua Fraksi Hanura Yan Mandenas kepada wartawan usai sidang Paripurna DPR Papua, Selasa (6/9) malam.
Yan menjelaskan, Pemerintah Provinsi Papua dalam ABPD 2016 sudah menganggarkan Rp 170 miliar untuk pemusatan latihan/training center (TC). Dari jumlah anggaran tersebut sudah terpakai Rp 70 miliar, Sehingga sisa anggaran Rp 100 miliar.
Oleh karena itu, untuk membiayai keikutsertaan kontingen Papua ke PON Jawa Barat, Pemerintah kembali mengganggarkan Rp 100 miliar di APBD Perubahan 2016.
Jadi, jumlah anggaran yang diusulkan ini selain membiayai kontingen Papua, mungkin sudah termasuk dengan bonus bagi atlet peraih medali di PON Jawa Barat,”tegasnya.
Yan kembali menegaskan bahwa, anggaran yang cukup besar ini harus di kelola dengan baik. “Kapolda Papua selaku ketua kontingen harus awasi penggunaan dana ini dengan baik,” imbaunya.
Lanjutnya, masyarakat pun harus ikut mengawasi anggaran ini, apabila ditemukan ada penyelewengan, maka laporkan ke pihak berwajib bahkan sampai ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” ungkapnya.
Politisi Hanura ini kembali mewanti-wanti KONI Papua untuk tidak melakukan pembelian medali emas di PON Jabar. “Jangan sampai kita beli medali emas, itu tidak bisa dibenarkan, jadi saya minta semua pihak kita sama-sama awasi anggaran untuk pelaksanaan kegiatan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua di Jawa Barat,”tuturnya.
Sebelumnya, Sekretaris Umum KONI Papua Yusuf  Yambe Yabdi mengungkapkan saat ini anggaran yang tersedia di KONI Papua tersisa Rp. 100 milyar.
 “Anggaran KONI untuk PON tahun 2016 totalnya sebesar Rp. 170 milyar. Dimana sudah terpakai Rp 70 milyar, sehingga masih tersisa Rp. 100 milyar,”ungkapnya saat  rapat pemantapan persiapan kontingen Papua di PON XIX Jawa Barat di Sasana Karya Kantor Gubernur Papua belum lama ini.  
Disisi lain Gubernur Papua, Lukas Enembe menjelaskan lagi dari sisi anggaran untuk persiapan Papua di ajang PON XIX menurutnya cukup. Dimana  dari sisi anggaran di tahun 2016 telah dianggarkan Rp. 170 milyar.
Dimana sudah digunakan Rp. 70 milyar sehingga tersisa Rp. 100 milyar yang sudah masuk ke rekening KONI Papua. “Dana ini termasuk untuk pembiayaan. Nantinya di APBD perubahan sudah ditambah lagi.  Termasuk didalamnya bonus – bonus bagi para atlit, sudah masuk dalam anggaran perubahan. Dana ini cukup dan tidak kurang lah,”kata Gubernur dengan nada santai.
Bonus yang diberikan kepada atlit sudah ada kesepakatan hitung – hitungannya. Dimana perorangnya Rp. 600 juta. Sedangkan beregu Rp. 1 milyar. (Bams)

Dibaca 374 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX