Bupati Mamra Terpilih Diminta Dilantik di Jayapura | Pasific Pos.com

| 16 July, 2019 |

Bupati Mamra Terpilih Diminta Dilantik di Jayapura

Headline Penulis  Jumat, 02 September 2016 13:44 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Yosafat Kapitawa

 

Jayapura,- Fraksi Mamberamo Hebat DPRD Kabupaten Mamberamo Raya (Mamra) mendesak agar bupati dan wakil bupati Mamberamo Raya terpilih, yakni Dorinus Dasinapa – Yakobus Britai untuk segera dilantik.

“Kami harap Pemprov Papua dan Pemkab Mamberamo Raya memproses cepat pelantikan bupati terpilih ini,” tegas Sekretaris Fraksi Mamberamo Hebat DPRD Mamberamo Raya, Yosafat Kapitawa, Kamis (1/9).
Apalagi, kata Yosafat, rakyat Mamberamo Raya sudah merindukan pemimpin definitif untuk memimpin daerah itu, setelah lelah menunggu hampir 1 tahun Pilkada yang harus diulang dua kali di daerah itu.
Menurut  Yosafat,  ini juga sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat. “Dengan dilantiknya bupati terpilih itu, diharapkan dapat segera melakukan berbagai program pembangunan, pelaksanaan pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan,” ujarnya.
Sehingga diharapkan dengan pelantikan itu, maka bupati langsung melakukan pembahasan APBD Perubahan 2016 maupun APBD Induk 2017 untuk kepentingan pembangunan dan rakyat Mamberamo Raya.
Untuk itu, ia meminta agar pelantikan bupati terpilih Mamberamo Raya dapat dilakukan di Jayapura.  “Kami minta pelantikannya dapat dilakukan di Jayapura atau  di Kantor Gubernur Papua,”  pintanya.
Ia menilai, panitia pelantikan bupati tidak merangkul semua pihak di Mamberamo Raya, sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka pelantikan sebaiknya dilakukan di Jayapura saja.
“Kami sedikit menyesal, mereka tidak melakukan koordinasi dengan bupati dan wakil bupati terpilih. Untuk itu, saya minta Pemda harus transparan kepada bupati terpilih agar pelantikan berjalan dengan baik,” tegasnya.



Dorinus Dasinapa

 

Sementara itu, Bupati Mamberamo Raya Terpilih, Dorinus Dasinapa mengharapkan pelantikannya agar dapat dipercepat. “Ya, kami berharap pelantikan bupati dan wakil bupati definitif dapat dipercepat dan pelantikannya dapat dilakukan di Jayapura,” kata Dasinapa saat ditemui di kediamannya.
Apalagi, kata Dasinapa, rakyat Mamberamo Raya telah menjalankan dan membuktikan mampu berdemokrasi dengan baik, tidak terjadi konflik selama Pilkada.
Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah harus melihat feedbacknya, dengan menghargai rakyat yang sudah membuktikan mampu melaksanakan demokrasi yang baik, dengan segera melantik bupati dan wakil bupati terpilih.
“Apalagi, mereka sudah menanti hampir 1 tahun anggaran ini, mereka tidak bisa menikmati dengan baik. Ini harus dilihat pemerintah, karena masyarakat Mamberamo Raya bagian dari NKRI, apalagi mereka miskin, tertinggal dan lainnya,” ujarnya.
Sebagai anak asli Mamberamo Raya, Dasinapa mengakui bahwa baru terjadi dua anak asli Mamberamo Raya dengan status tidak punya apa-apa alias miskin, namun mampu membuktikan kepada publik, bisa dipilih rakyat untuk memimpin  daerah itu.
Soal pelantikan di Jayapura, Dasinapa menambahkan, ia melihat adanya ketidaktransparan dan tidak ada konsep merangkul masyarakat supaya bersatu dan meninggalkan segala perbedaan, apalagi belum ada koordinasi pelantikan itu dengan bupati dan wakil bupati terpilih, sehingga ia meminta pelantikan di Jayapura.
Ia mendapatkan informasi jika pelantikan itu akan dilakukan 9 September 2016. “Informasi yang saya dapat, hari ini pemerintah daerah menuju ke Jakarta untuk mengambil SK di Kemendagri,” ungkapnya. (Yuni)

Dibaca 815 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.