Kapolda : Pengampunan Goliat Cs Ditangan Presiden | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

Kapolda : Pengampunan Goliat Cs Ditangan Presiden

Headline Penulis  Selasa, 24 Maret 2015 20:20 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Wacana adanya pengampunan terhadap Goliat Tabuni, pimpinan Organisasi Papua Merdeka, apabila bersedia menyerahkan diri dan berdialog dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ditanggapi oleh Kapolda Papua,  Inspektur Jenderal Polisi Yotje Mende.
Menurut Kapolda, pengampunan terhadap Goliat Tabuni merupakan kewenangan Presiden RI, sebagaimana tercantung dalam Undang –Undang.  Pihaknya sendiri akan taat pada Undang-Undang siap melaksanaan putusan Presiden.
“Kami polri tidak memiliki kewenangan memberikan pengampunan, karena yang berhak memberikan pengampunan atau amnesty itu hanya Presiden kita. Kalau memang keputusan dari Presiden mengampuni, maka kita akan melaksanakan,” kata Kapolda saat ditemui diruang kerjanya, Senin (23/3).
Hanya saja, sambung Kapolda, apabila ada pihak keluarga korban yang tidak terima dengan putusan pengampunan tersebut, maka bisa mengajukan gugatan perdata. “Memang korban banyak berjatuhan dari aksi Goliat Tabuni, nah kalau ada korban-korban yang tidak terima, bisa ajukan gugatan Perdata dan Presiden pasti akan mempertimbangkannya juga,” ujar Kapolda.
Kapolda melihat, Goliat Tabuni belum memiliki itidak baik untuk berdamai.Hal ini menyusul masih adanya aksi penembakan di wilayah Kabupaten Puncak Jaya yang menjadi basis operasi kelompok Goliat.
“Saya lihat belum ada keinginan berdamai, buktinya ada PNS kena tembak dan apabila sudah seperti ini, kita tidak bisa melakukan pembiaran,” kata Kapolda.
Kapolda juga menyatakan akan tetap memburu Goliat Tabuni dan kawanannya, karena telah melakukan serangkaian aksi penembakan terhadap warga sipil, Polri maupun TNI. “Silahkan saja kalau ada upaya damai, tapi saya tetap memproses, karena melakukan pembunuhan dan itu tanggung jawab saya. Silahkan melakukan maneuver, tapi kalau dihadapan saya, akan saya tangkap,” tandas Yotje. (Syaiful)

Dibaca 545 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.