Kapolda D.I.Y Jamin Keamanan Mahasiswa Papua | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Kapolda D.I.Y Jamin Keamanan Mahasiswa Papua

Headline Penulis  Jumat, 29 Juli 2016 15:15 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Laurenzus Kadepa

 

Kadepa :  Pernyataan Itu Harus Tertulis, Jangan Hanya Lisan

Jayapura  :  Anggota Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa yang  juga masuk dalam tim pembentukan DPR Papua mengatakan, pihaknya sudah bertemu Kapolda Yogyakarta, Rabu (27/7). Kapolda setempat berjanji memberikan jaminan keamanan kepada mahasiswa Papua di wilayah itu.

Laurenzus mengungkapkan bahwa,  Kapolda menjamin kemanan mahasiswa Papua. Hanya saja pernyataan itu tak dalam bentuk tertulis. "Tapi Kapolda Yogyakarta membantah semua pemberitan diberbagai media massa serta informasi yang beredar di berbagai jejaring social mengenai pengepungan Asrama Kamasan I yang dihuni mahasiswa Papua di Yogya," kata Kadepa via teleponnya kepada Pasific Pos, Kamis (28/7).
Menurutnya, Kapolda menyatakan itu tidak benar. Itu hanya kerja-kerja LSM dan pihak ketiga yang memutarbalikkan fakta. Tidak benar ada rasis kepada mahasiswa Papua. Polisi hanya datang ke Asrama mengamankan situasi karena bisa saja terjadi bentrok antar ormas dan mahasiswa Papua yang berencana melakukan aksi.
"Kapolda juga menyatakan Yogya aman. Kami juga meminta polisi mengembalikan kurang lebih 12 kendaraan roda dua milik mahasiswa yang disita polisi. Kapolda nyatakan bersedia mengembalikan asalkan motor itu benar-benar milik mahasiswa," ujar Kadepa.
Kata Kadepa, hingga kini pihaknya masih terus berupaya agar bisa bertemu Sultan Hamengkubuwono X. Namun ia tak bisa memastikan atau menjanjikan kapan bisa bertemu Sultan.
"Kami ini hanya anggota. Harusnya itu koordinasinya sudah tingkat pimpinan. Gubernur atau pimpinan DPR Papua. Tapi kami kecewa. Meski Kapolda menyatakan menjamin keamanan mahasiswa Papua di Yogyakarta, namun tidak secara tertulis. Hanya secara lisan," pungkasnya. (Yuni)

Dibaca 518 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.