Demo di Mile 72 Dibongkar Paksa | Pasific Pos.com

| 16 July, 2019 |

Demo di Mile 72 Dibongkar Paksa

Headline Penulis  Senin, 23 Maret 2015 17:37 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika,- Demo para pekerja oleh 7 Suku (Pemilik Tanah Ulayat di Area Perusahan) dengan melakukan pemalangan di Mile 72 Rigecamp telah berlangsung selama seminggu.
Oleh karena itu pihak kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Yontje Mende Sabtu kemarin melakukan pembongkaran.
Sabtu pagi ketika matahari baru saja menunjukkan sinarnya, koordinator lapangan (korlap) demo diamankan dan dibawa menuju  Polsek Tembagapura. 
Kapolda Papua pun  menemui para Korlap dan bernegosiasi.  Kapolda menyampaikan bahwa Kepolisian akan memfasilitasi menuju Ke Timika (Rimba Papua Hotel) untuk menemui Komisi III DPR RI guna menyampaikan aspirasi.
Usaha Kapolda Papua menunjukkan hasil. Para korlap bersedia bertemu dengan anggota DPR RI. Rombongan pun  bergerak menuju Timika dengan menggunakan 4 kendaraan LWB.  Dalam rombongan tampak  Kapolda Papua ikut juga didampingi Kapolsek Tembagapura, sementara karyawan antara lain  Isai Kum (operation) , Arnold Beanal (plan), Obaja Magal (Redpath), dan Yankup (maintanace)  dan  para karyawan 7 suku lainya menggunakan Bus tiba di Rimba Papua Hotel.
Pada pertemuan ini Kapolda mengatakan,  pertemuan para Korlap dan beberapa karyawan 7 suku dengan anggota DPR RI adalah untuk menyampaikan aspirasi. "Dengan mengucap terima kasih atas kerjasama dengan para karyawan walau ada upaya paksa yang kami lakukan namun korlap dan masyarakat tetap tenang, dan semoga Komisi III bisa menerima aspirasi 7 suku, sehingga situasi diatas bisa kembali kondusif," ujar Kapolda.
Pada pertemuan ini karyawan dan korlap menyampaikan kembali tuntutan tuntutan mereka serta alasan mengapa dilakukan aksi demo berupa pemalangan. Sementara itu anggota DPR RI yang menerima dan mendengarkan keluhan serta aspirasi karyawan mengatakan, akan menyampaikan hal ini dan membahasnya di tingkat pemerintah pusat.
Diperkirakan, mulai hari ini (Senin) seluruh aktifitas dapat berjalan seperti biasanya. (Fani)

Dibaca 529 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX