Bupati Diminta Segera Kembali ke Daerah | Pasific Pos.com

| 27 May, 2019 |

Bupati Diminta Segera Kembali ke Daerah

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wilhelmus Pigai

 

Jayapura,- Anggota Komisi I DPR Papua membidangi pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Wilhelmus Pigai menyoroti masih adanya kepala daerah atau bupati di Papua yang berada di luar daerah meski masa liburan telah usai.

Ia mensinyalir masih ada sejumlah bupati yang meliburkan diri untuk melakukan perjalanan keluar daerah, bahkan ada bupati yang masih berada di luar negeri, padahal liburan telah usai dan sudah masuk hari kerja sesuai dengan surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
“Jadi, kepada bupati-bupati di Provinsi Papua yang masih meliburkan diri, untuk segera kembali ke daerahnya masing-masing dan menjalankan tugasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tegas Wilhelmus Pigai di ruang kerjanya, Selasa (19/7) kemarin.
Wilhelmus Pigai mengakui dirinya mendapatkan informasi adanya sejumlah bupati yang belum ada ditempat tugas sampai saat ini. Namun, ia tidak ingin menyebutkannya siapa saja kepala daerah itu.
“Ada beberapa bupati, tapi saya tidak mau kasih tahu siapa-siapa saja, tapi yang jelas ada beberapa bupati masih di luar daerah,” ungkapnya.
Untuk itu, ia meminta Gubernur Papua untuk mengecek bupati-bupati mana yang masih di luar daerah atau yang tidak berada di tempat bertugas tersebut.
Menurut Politisi Partai Hanura itu, jika para bupati itu semakin lama di luar daerah, maka semakin banyak persoalan di daerah yang harus diselesaikan, apalagi sebagai pemimpin harus berada ditempat tugasnya, bukan menjadi pemimpin ditempat lain.
 “Anda dipilih rakyat untuk menjadi pemimpin bagi mereka, karena itu harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, sehingga mereka merasa bahwa kepercayaan yang sudah diberikan kepada anda, anda sungguh-sungguh menjalankan dengan baik, memberikan hasil yang baik, sehingga masyarakat merasa bahwa tidak sia-sia memilih pemimpin mereka,” pungkasnya.
Untuk itu, Wilhelmus meminta Gubernur harus segera mengeceknya dan bila perlu memberikan teguran kepada bupati yang masih mangkir dari tugas-tugasnya sebagai kepala daerah.
“Jika ada bupati yang masih liburan di luar daerah dan luar negeri, maka gubernur harus memberikan teguran sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pintanya.
Yang jelas, Wilhelmus mengaku tidak mengetahui persis apakah mereka mendapatkan ijin dari gubernur, wakil gubernur atau sekda terkait liburan mereka itu.
“Tapi, mestinya mereka ijin gubernur. Tapi, intinya bahwa segera kembali dan menjalankan tugas menyelesaikan masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat,” tukasnya.
Wilhelmus  jangan sampai tindakan mereka itu mengenerasilisir semua pejabat di Papua, baik gubernur, DPRP dan lain-lain bahwa sebagai pejabat mereka tidak pernah di Papua, tidak pernah memberikan pelayanan, sehingga wajar saja jika masyarakat menuntut bahwa Otsus tidak berhasil, karena tidak ada perhatian kepada masyarakat, tingkat kemiskinan meningkat dan lainnya. Oleh karena itu, saya minta selaku anggota DPR Papua supaya mereka segera ada di tempat,” pungkasnya. (Yuni)

Dibaca 443 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.