Gubernur Akui Tak Urus Lagi RUU Otsus Plus | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Gubernur Akui Tak Urus Lagi RUU Otsus Plus

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe

 

JAYAPURA,- Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengaku tidak mengurus lagi usulan Revisi UU Otsus. Lantaran rancangan UU Otsus Plus yang telah diusulkan sejak tahun 2015 lalu hingga kini belum masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas).

“Masalah Otsus itu sudah tidak menarik lagi bagi saya. Saya tidak mau urus lagi,” tegas Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe dihadapan wartawan, pada Jumat (10/6) kemarin.
Gubernur menandaskan, sebelumnya telah menyamaikan kepada pemerintah pusat bahwa penyelesaian masalah Papua adalah dengan UU Otsus Plus yang sedang diperjuangkan menjadi UU pengganti UU Otsus Papua No 21 tahun 2001.
Bahkan, kata Gubernur, pihaknya telah membicarakan langsung masalah situasi Papua kepada Pemerintah Pusat bahwa situasi Papua harus diselesaikan dengan UU Otsus Plus.
“Nah, sekarang Rancangan UU Otsus Plus sudah ada di pemerintah pusat, bahkan sudah disampaikan di DPR RI agar masuk dalam pembahasan tahun ini.  Jika sampai usulan kita tidak masuk dalam Prolegnas tahun ini, maka saya tidak urus lagi UU Otsus Plus itu,”tandasnya.
Sementara itu Ketua Komisi I DPR Papua yang membidangi, Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Elvis Tabuni meminta pemerintah pusat menjawab permintaan masyarakat Papua dan pemerintah provinsi Papua tentang UU Otsus Plus masuk dalam Prolegnas agar masyarakat Papua bisa menghilangkan kesan bahwa pemerintah pusat tidak memperhatikan Papua selama ini.
“Kami dari DPR Papua sangat berharap Rencangan UU Otsus Plus masuk dalam Prolegnas tahun ini. Karena UU Otsus Plus ini menjadi suatu landasan perubahan besar di Tanah Papua,” harapnya.
Menurut Politisi Partai Gerindra itu, rakyat Papua menginginkan ada perubahan di tanah Papua dengan tidak lagi berpatok pada anggaran pusat. Tetapi dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Papua dan kewenangan luas diberikan ke pemerintah provinsi Papua. Sehingga daerah akan bisa membangun rakyat Papua untuk lebih sejahtera.
“Itulah yang tertuang dalam UU Otsus Plus yang saat ini sedang diperjuangkan sekarang,” tutup Elvis. (Yuni)

Dibaca 545 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.