Aktifis ULMWP Tolak Tim Penyelesaian HAM | Pasific Pos.com

| 19 May, 2019 |

Aktifis ULMWP Tolak Tim Penyelesaian HAM

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Agus Kosay dan Basoka Logo selaku jubir KNPB didampingi beberapa aktifis lainnya saat menggelar jumpa pers di Kantor Elsham Papua, Padang Bulan Abepura, Kamis kemarin.

 

JAYAPURA, Aktifis ULMWP di Papua menolak secara tegas tim penyelesaian pelanggaran HAM yang dibentuk oleh Menkopulhukkam. Penolakan ini disampaikan dalam jumpa pers di kantor Elsham kemarin.

Agus Kosay dan Basoka Logo selaku jubir KNPB didampingi beberapa aktifis lainnya mengatakan bahwa tim bentukan polhukkam ini sebagai upaya menggagalkan diplomasi ULMWP dan menghambat tim pencari fakta dari Pasific Islan Forum.
Dikatakan pula bahwa penyelesaian pelanggaran HAM di Papua harus secara menyeluruh bukan hanya 14 kasus yang dipilih.
" Investigasi pelanggaran HAM di Papua harus menyeluruh sejak Papua diintegrasikan pada tahun 1963 baik dibidang sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya," ujarnya.
Dikatakannya pula bahwa keterlibatan Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih dalam tim investigasi ini tidak masul akal. "Ini sesuatu yang tidak masuk akal, menghina dan sangat membodohi serta mencederai semua lembaga lembaga yang konsen menyelesaikan kasus kasus pelanggaran HAM di Papua," ujarnya.
Dalam jumpa pers ini juga disampaikan pernyataan sikap. Antara lain, menolak secara tegas tim pencari fakta yang melibatkan orang asli Papua. Kedua mendesak segera dilaksanakannya referendum . Tiga memibta agar tim pencari fakta dari Pasific Islan untuk segera ke Papua. Keempat mendesak agar seluruh aktifis HAM, Agama dan masyarakat Papua untuk tidak terlibat dan menolak tim pencari fakta pelanggaran HAM bentukan Menkopulhukkam dan kelima menghimbau kepadavselurih rakyat Papua agar terlibat dalam demo tanggal 15 Juni nanti. (Minggus)

Dibaca 510 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.