Direktur Poltekkes: Penerimaan Mahasiswa Baru, OAP 90 Persen dan Non Papua 10 Persen | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

Direktur Poltekkes: Penerimaan Mahasiswa Baru, OAP 90 Persen dan Non Papua 10 Persen

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura, Isak.J.H Tukayo, S.Kp.,M.Sc

 

   Jayapura,- Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura, sebagaimana seperti biasa penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ini tetap memprioritaskan putra-putri asli Papua

dengan perbandingan, 90 persen Orang Asli Papua (OAP) dan 10 persen non Papua. Sementara deretan peranakan atau ayah Papua dan ibu non Papua atau sebaliknya dan lahir besar Papua menjadi prioritas kedua.
   Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura, Isak.J.H Tukayo, S.Kp.,M.Sc mengatakan, perbandingan persentasi penerimaan mahasiswa baru antara OAP, non Papua serta kelompok peranakan dan lahir besar Papua masih seperti biasa,” ujar Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura ketika di  temui di ruang kerjanya, Kamis (2/6/2016). “Kita tetap memprioritaskan putra/I asli Papua berdasarkan hasil tahapan seleksi.  Dimana, seluruh pendaftar akan mengikuti ujian tertulis, kemudian yang lulus ujian tulis akan mengikuti tes kesehatan dan bagi mereka yang lulus tes kesehatan akan mengikuti tes wawancara,” terangnya.
   Lebih lanjut Isak Jurun Hans Tukayo yang juga satu-satunya putra asli Papua Master Keperawatan jempolan Liverpool John Moores University Inggris itu menjelaskan, memang persentase penerimaan seperti demikian, namun tetap berdasarkan hasil atau rangkin seleksi. “Jadi disini perlu saya tegaskan bahwa, untuk masuk kuliah di Poltekkes Kemenkes Jayapura tidak ada cara lain selain murni berdasarkan hasil tahapan seleksi, tidak ada titipan atau calo, maka perlu masyarakat pahami bagian ini, ” terang  sosok yang religius itu, siang kemarin.
   Sekedar diketahui, Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Poltekkes Kemenkes Jayapura kini membawahi 19 Program studi (Prodi) dari 6 Jurusan. Masing-masing, Jurusan Keperawatan, Prodi D3 Keperawatan dan Prodi D4 Keperawatan Medical Bedah. Jurusan Gizi, Prodi D3 Gizi dan Prodi D4 Gizi Masyarakat. Jurusan Kebidanan, Prodi D3 Kebidanan dan Prodi D4 Kebidanan. Jurusan Kesehatan Lingkungan (Kesling), Prodi D3 Kesling. Jurusan Analis Kesehatan, Prodi D3 Analis Kesehatan dan Jurusan Farmasi, Prodi D3 Farmasi. (Hendry Holago)

Dibaca 455 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.