Dana Otsus Dinilai Kebohongan Publik | Pasific Pos.com

| 22 August, 2019 |

Dana Otsus Dinilai Kebohongan Publik

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ketua Pansus Freeport DPR Papua, Yan P Mandenas

 

JAKARTA,- Ketua Pansus Freeport DPR Papua, Yan P Mandenas menilai bahwa dana Otsus yang diberikan selama ini kepada masyarakat Papua, bisa saja merupakan kebohongan  publik yang dilakukan pemerintah pusat.

“Ini sebenarnya tidak benar. Kita selama ini teriak Otsus padahal kita tidak tahu bahwa Otsus ini adalah bagian yang terkecil yang kita bicara dan dana Otsus itu dana kita sendiri, yang terkecil dikasih disitu,” kata Yan Mandenas di Jakarta, Selasa (24/5).
Untuk itu, kata Yan Mandenas, Pansus Freeport tdiak lagi fokus pada dana Otsus yang diberikan pemerintah pusat kepada Provinsi Papua.
Namun, kata Yan Mandenas, Pansus akan meminta agar pemerintah pusat mengembalikan hak dan kewajiban Provinsi Papua dari sisi penerimaan pajak yang ada di PT Freeport Indonesia.
“Ya, pemerintah pusat harus mengembalikan hak dan kewajiban Pemprov Papua dari sisi penerimaan pajak dari Freeport. Setelah itu, silahkan bawa Otsus kembali,” pungkasnya.
Yan Mandenas menandaskan bahwa, bisa saja  UU Otsus  diberlakukan, tapi uang tidak terima Pemprov Papua dari sumber Otsus.
“Kembalikan penerimaan daerah kita dari sumber pendapatan daerah dari pengelolaan sumber daya alam termasuk tambang Freeport,” tandas Yan Mandenas.
Bahkan, Politisi Partai Hanura itu menilai bahwa dana Otsus itu sebenarnya merupakan pengalihan isu untuk menutupi pajak Freeport yang sekian banyak tidak disetor ke daerah.
 “Untuk itu, sekarang kami sudah ingin mengalihkan isu itu kembali, silahkan bawa kembali dana Otsus, tapi kami minta hak dan kewajiban kita dari sisi penerimaan pajak Freeport dimaksimalkan,” pintanya. (Yuni)

Dibaca 378 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.