Forum Parlemen Papua dan Papua Barat Segera Dibentuk | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Forum Parlemen Papua dan Papua Barat Segera Dibentuk

Headline Penulis  Selasa, 17 Mei 2016 15:19 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda  SH MH

 

JAYAPURA,- DPR Papua dan DPR Papua Barat sepakat untuk membentuk Forum Asosiasi DPR Papua dan DPR Papua Barat atau Forum Parlemen Papua dan Papua Barat dalam waktu dekat ini.

Ya, kita sepakat untuk membentuk forum parlemen ini,” kata  Ketua DPR Papua, Yunus Wonda kepada awak media usai menerima studi banding DPR Papua Barat, di Hotel Aston Jayapura, pada akhir pekan kemarin.
Menurut Politisi Partai Demokrat itu, forum parlemen Papua dan Papua Barat ini sangat penting, apalagi ketika ada regulasi-regulasi khusus yang didorong ke pemerintah pusat, sehingga tidak hanya DPR Papua Barat sendiri yang berjuang bersama, tetapi DPR Papua juga sama-sama berjuang terhadap regulasi untuk kepentingan rakyat di Tanah Papua.
“Itu karena kita tidak lagi bicara Papua dan Papua Barat, tetapi  kita bicara Tanah Papua. Ya, kita sering kali bicara dimana-mana Tanah Papua, karena ada satu ikatan yang mengikat kita secara legalitas, sehingga kita sepakat pada Juli 2017, untuk membentuk asosiasi DPR Papua dan Papua Barat di Papua Barat. Waktunya, mereka yang akan menentukan,” jelas Wonda.
Dijelaskannya, DPR Papua Barat melakukan studi banding ke DPR Papua untuk melihat beberapa regulasi khususnya Perdasi dan Perdasus yang telah dibuat dan disahkan.
Bahkan, kata Yunus Wonda, dari pertemuan dengan DPR Papua Barat itu, disepakati ketika berbicara Perdasus, itu merupakan kekhususan yang berarti membicarakan kepentingan orang Papua yang ada di Tanah Papua.
“Ya, kalau untuk kekhususan ini, maka kita harus bicara bersama-sama. Jadi, Papua Barat tidak bicara sendiri, Papua tidak bicara sendiri, tapi kita selalu bicara dan bahas bersama-sama, keputusan sama, sehingga apa yang dijalankan di Papua dan Papua Barat sama,” jelasnya.
Untuk itu, dirinya menilai forum parlemen Papua dan Papua Barat itu sangat penting bagi kepentingan rakyat di Tanah Papua, sehingga  forum ini akan segera dibentuk.
Apalagi, lanjutnya, pemerintah pusat  membandingkan antara Papua dan Papua Barat terkait regulasi. “Ya, pusat selalu membanding-bandingkan. Kenapa Papua Barat sudah jalan, sedang Papua belum, atau sebaliknya. Hal ini kita berharap ke depan, kita sepakat sama-sama untuk tidak ada perbandingan itu,” tandas Yunus Wonda.
Yang jelas, kata Yunus Wonda, DPR Papua dan Papua Barat sepakat untuk berjuang bersama-sama, terutama terkait Perdasus untuk didorong bersama-sama ke pusat.
“Kita sepakat akan bentuk asosiasi itu di Sorong dan rencananya akan undang Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat untuk hadir,” pungkasnya. (Yuni)

Dibaca 690 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.