Akibat Sambungan Liar PLN Area Jayapura Rugi 3 Juta KWH Setiap Bulan | Pasific Pos.com

| 26 August, 2019 |

Akibat Sambungan Liar PLN Area Jayapura Rugi 3 Juta KWH Setiap Bulan

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wakil Ketua III DPR Papua, Yanni SH

 

JAYAPURA - PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat Area Jayapura klaim, sambungan liar di Kota Jayapura dan sekitarnya mulai tertib bila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.

Sebelumnya, akibat dari sambungan liar ini, PLN Area Jayapura setiap bulannya mengalami kerugian 3 juta KWH baik teknis dan non teknis, yaitu perbandingan antara produksi selama satu bulan dibandingkan dengan penjualan PLN.
Tidak disebutkan jumlah sambungan liar yang diputus hubungkan PLN pada tahun lalu, namun pihaknya mengaku setiap tahunnya, sambungan liar semakin berkurang karena tim oparasi yang selalu menertibkannya.
Menurut, Manager PLN Area Jayapura Merry Lauw, sambungan liar diakibatkan kurangnya sosialisai kepada masyarakat betapa sangat berbahayanya sambungan liar yang berakibat pada kebakaran.
Lanjutnya, masyarakat juga dalam proses pengurusan untuk menjadi pelanggan PLN belum melalui prosedur yang tidak diikuti dengan baik sehingga mengakibatkan sambungan liar terjadi.
"Kami harus melapor ke PLN pusat tentang sistim target operasi kami terhadap sambungan liar entah itu pelanggan rumah tangga, pebisnis, usaha dan instansi pemerintah kami tetap melakukan penertiban," kata Merry di Jayapura, Sabtu (7/5/2016).
Dijelaskannya, apabila calon pelanggan dan oknum yang kedapatan melakukan sambungan liar, seharusnya yang merasa dirugikan atau calon pelanggan yang sudah terdaftar di PLN segera melapor agar oknum segera ditindak.
"Sebab, beban puncak kami ini pas-pasan, hanya mencapai 72 MW bahkan bisa 75 MW, dan ini yang harus diantisipasi melalui untuk menghindari kurang efektifnya pengoperasian, sehingga tidak terjadi pemadaman listrik," terangnya. (Ramah)

Dibaca 410 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.