Bawaslu Tidak Punya Wewenang Tertibkan Alat Peraga Kampanye | Pasific Pos.com

| 27 May, 2019 |

Bawaslu Tidak Punya Wewenang Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Headline Penulis  Selasa, 26 April 2016 11:12 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Nampak poster salah satu bakal calon Wali Kota Jayapura terpasang di kendaraan roda empat.

 

JAYAPURA,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua mengaku tidak punya wewenang dalam menertibkan langsung alat peraga kampanye yang melanggar aturan. Hal ini menyikapi masih banyaknya alat peraga yang dipasang sembarang tempat sepanjang ruas jalan dari arah Sentani hingga Kota Jayapura. Padahal, tahapan pelaksanaan Pilkada serentak belum dimulai.

Komisioner  Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Papua, Anugrah Pata SH menegaskan, sesuai aturan Pilkada memang pihaknya belum berhak untuk melakukan penertiban. Pasalnya, tahapan pelaksanaan Pilkada belum dimulai. Dimana para “Tokoh” itu belum terikat aturan Pilkada.  Ia mengkhawatirkan jika diambil tindakan, justru malah melawan aturan.
“Kecuali mereka sudah ditetapkan sebagai Bakal Calon atau Calon, baru mereka harus patuh pada aturan. Termasuk mematuhi penempatan alat peraga yang mereka pasang,” ujar Pata kepada wartawan diruangannya, Senin (25/4).
Meski demikian, terkait fenomena ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota maupun Kabupaten Jayapura. “Karena ini menyangkut keindahan kota. Mungkin besok kami akan menyurat. Setidaknya ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah terkait hal ini,”katanya.
Disinggung soal adanya keresahan masyarakat terkait poster  yang tanpa ijin ditempelkan ke kendaraan mereka, Pata mengaku, memang belum ada aturan terkait hal itu.
Namun tentunya jika dipasang dikhawatirkan akan mengganggu. Apalagi  jika kendaraan tersebut terparkir di tempat pelayanan public seperti sekolah, atau rumah sakit.
Tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2017 akan dimulai Juni mendatang. Setidaknya ada 11 Kabupaten/kota di Provinsi Papua yang akan melaksanakan Pilkada. Antara lain; Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Dogiyai, Yapen, Nduga, Intan Jaya, Puncak Jaya, Tolikara, Mappi dan Lanny Jaya. (Bams)

Dibaca 464 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.