13 Kampung di Distrik Wina Terima Bantuan Sebesar Rp 2,5 Miliyar | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

13 Kampung di Distrik Wina Terima Bantuan Sebesar Rp 2,5 Miliyar

Headline Penulis  Jumat, 22 April 2016 13:29 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala Distrik Wina Kabupaten Tolikara, Ipes Enembe didampingi Wakil Ketua I DPR Papua, Orwan Tolly Wonne. (foto Yuni).

 

"Waket Komisi I DPRP Beri Apresiasi Kadistrik Wina"

Jayapura,- Masyarakat di 13 kampung, distrik Wina-kabupaten Tolikara menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tolikara sebesar  Rp 2,5 Milyar.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Distrik Wina, kabupaten Tolikara, Ipes Enembe yang berlangsung di masing-masing 13 kampung, pada Selasa (14/4/2016) lalu.
Kepada wartawan, Kepala Distrik Wina, Kabupaten Tolikara Ipes  Enembe mengungkapkan, penyerahan bantuan tersebut disambut baik masyarakat asli di 13 Kampung. Sebab, selama ini bantuan dari pemerintah tidak pernah langsung diberikan kepada rakyat.
“Kami sangat memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI, Gubernur Papua, dan Bupati Tolikara karena mereka, bantuan ini bisa diberikan langsung kepada masyarakat melalui helikopter ke 13 kampung,” kata Ipes Enembe kepada sejumlah wartawan, pada Kamis (21/4) kemarin.
Ia menuturkan, 13 kampung yang menerima bantuan tersebut masing-masing, Kampung Wina, Dimbogul, Gualo, Jugunengga, Wariri, Tujugubuk, Malela, Nakwil,Holadia, Tawi, Pinai, Yogweme dan Hakima.
“Bantuannya ini bervariasi, seperti dana prospek, Bandes, dan KIS. Semuanya diserahkan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan,” tuturnya.
Dirinya pun berharap, agar masyarakat di 13 Kampung itu yang menerima bantuan  dapat digunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan daerah kedepan, salah satunya pembangunan kesehatan, pendidikan, perekonomian dan lainnya sebagainya, sehingga bisa terwujud Visi Misi dari pada Gubernur Papua yakni “Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera”.
Jadi, Program 80 persen dana Otsus sudah sampai ditangan rakyat. Penerapan Otsus dibawah pimpinan Gubernur dan Bupati Tolikara benar-benar terwujud dan dirasakan oleh rakyat Tolikara,” ungkapnya.
Ia pun menjelaskan bahwa, dana yang diberikan kepada Distrik Wina yakni, uang Prospek senilai Rp 1 milyar, uang honor Rp 10 juta per/kampung, bantuan Desa Rp20 juta/kampung dan dana Kartu Indones Sejahtera (KIS) sebesar Rp250 juta/kampung.
Sementara itu, Anggota DPR Papua dari Daerah Pemilihan (Dapil) kabupaten Tolikara, Orwan Tolly Wonne memberikan apresiasi penuh kepada Kepala Distrik Wina yang sudah menjalankan program Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal serta Bupati dan Wakil Bupati dalam menjalan visi misi menuju Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.
Menurutnya, pemberian dana 80 persen ke kabupaten/kota oleh Gubernur Papua dalah suatu jawaban yang tepat bagi masyarakat di tanah Papua, karena selama ini Gubernur ganti Gubernur tidak pernah memikirkan terhadap penerapan anggaran melalui dana Otsus yang sebenarnya kepada masyarakat.
“Apalagi di Kabupaten Tolikara bantuan dari berbagai sumber sudah direalisasikan kepada masyarakat di masing-masing distrik, seperti yang sudah disaksikan beberapa waktu lalu yakni, distrik Kembu, Bokondini, Karubaga dan Kanggime serta Wina dan distrik lainnya, “ ucap Orwan.
Orwan yang juga sebagai Wakil Ketua I DPR Papua, bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM ini memberikan apresiasi penuh kepada Presiden RI, Gubernur Papua dan Bupati serta Kepala distrik yang sudah memberikan kepercayaan penuh kepada masyarakat Tolikara.
“Pemimpin seperti mereka ini patut dicontohi oleh para pemimpin lainnya di tanah Papua. Sebab mereka bisa membuat gebrakan melalui pembangunan di masing-masing daerah, terutama di daerah-daerah terpencil guna mengangkat perekonomian masyarakat,” tutup Orwan. (Yuni)

Dibaca 777 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.