Bulan Depan, Tim Evaluasi Otsus Turun ke Kabupaten/Kota | Pasific Pos.com

| 22 August, 2019 |

Bulan Depan, Tim Evaluasi Otsus Turun ke Kabupaten/Kota

Headline Penulis  Rabu, 20 April 2016 12:32 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sekertaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen

 

JAYAPURA,- Tim Evaluasi Dana Otomomi Khusus (Otsus) Papua yang dipimpin oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen akan turun melakukan ke kabupaten pada Mei mendatang.

Sekda saat diwawancara, Selasa (19/4) mengatakan, saat ini tim sedang menunggu diterbitkannya satu Keputusan Gubernur yang bakal menjadi pegangan untuk turun ke kabupaten melakukan evaluasi.
“Untuk bisa turun ke kabupaten, kita harus lewat satu Keputusan Gubernur. Namun, estimasinya pada Mei ini sudah selesai. Apalagi dalam Rapat Kerja Daerah Bupati dan Wali Kota kemarin, kita sudah menerima laporan dari Bupati tentang pelaksanaan Otsus yang dilakukan di kabupaten/kota. Tinggal nanti kita melihat dan mengecek ke kabupaten nanti seperti apa perkembangannya,” jelas dia.
Katanya, Pemprov juga sudah menurunkan tim editor dari Inspektorat Papua bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna melakukan evaluasi pendahuluan.
Sementara tim Pemprov yang bakal turun ke kabupaten/kota diantaranya, Bappeda, BPKAD, BPKP, DPRP beserta staf teknis terkait.
Sebelumnya, Sekda Papua dijadwalkan mengunjungi 29 kabupaten/kota pada Maret lalu hanya masih tertunda dikarenakan belum turunnya Keputusan Gubernur. “Rencananya pada Maret kemarin saya akan memimpin tim melakukan evaluasi dana Otonomi Khusus yang diturunkan ke kabupaten/kota. Saya juga akan melakukan pemaparan tentang dana Otsus secara kolektif dan akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota. Hanya kegiatan ini masih tertunda,” akunya.
Menurut Sekda pelaksanaan evaluasi ini bertujuan mengidentifikasi apakah 80 persen yang dikelola oleh kabupaten/kota, dipergunakan secara baik dan maksimal. Dilain pihak, mencari tahu apakah sudah sesuai dengan prosedur atau tidak.
”Evaluasi Otsus ini sangat penting supaya kita bisa menilai apakah dana itu diturunkan sesuai peruntukan atau sebaliknya”. “Sebab hasil dari evaluasi ini nantinya akan menjadi pertimbangan dalam pemberian dana kepada kabupaten/kota di tahun depan,” ucapnnya. (Bams)

Dibaca 514 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.