Gubernur: Benahi Pemerintahan dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Boven Digoel | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Gubernur: Benahi Pemerintahan dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Boven Digoel

Headline Penulis  Rabu, 13 April 2016 20:00 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH

 

TANAH MERAH,- Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH melakukan pengambilan sumpah janji dan melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel periode 2016-2021, Benediktus Tambonop,S.STP dan H Chaerul Anwar,ST, Selasa

(12/4) di Lapangan Trikora Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel. Selain dihadiri oleh Muspida Provinsi Papua, Muspida Kabupaten Boven Digoel dan para Bupati di Selatan Papua serta para tokoh, pelantikan juga dihadiri ribuan masyarakat Boven Digoel.
Gubernur dalam sambutannya mengatakan Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik harus bisa melakukan pembenahan birokrasi, sehingga pemerintahan di Kabupaten Boven Digoel yang selama ini tidak berjalan sebagaimana mestinya bisa semakin lebih baik. Apalagi Bupati saat ini adalah alumni pertama Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), sehingga Gubernur sangat optimis akan mampu melaksanakan roda pemerintahan secara baik.
“Ini adalah kehormatan. Saya yakin saudara (Bupati dan Wakil Bupati) mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Boven Digoel, khususnya orang asli Papua,”tukas Gubernur.
Menurut Gubernur, Boven Digoel yang memiliki nilai historis dalam perjuangan Bangsa Indonesia, sesungguhnya punya potensi yang sangat strategis sehingga jika dikelola dengan baik, maka bukan tidak mungkin akan bisa menjadi kabupaten percontohan di Selatan Papua bahkan di seluruh Tanah Papua. Karena itu, berbagai persoalan yang telah terjadi di pemerintahan sebelumnya hendaknya bisa menjadi pelajaran bagi Bupati dan Wakil Bupati yang baru untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan pemerintahan dan mengelola anggaran negara.
Selain di bidang pelayanan dan pemerintahan, Gubernur juga berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel untuk bisa memberantas kegiatan produksi dan peredaran Minuman Keras (Miras). Ini harus dilakukan, karena sudah banyak orang Papua yang mati karena Miras bahkan sebagian besar kasus kriminalitas juga terjadi karena pengarus Miras.
Begitu pula dengan Narkoba, pemerintah daerah Kabupaten Boven Digoel dibawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati yang baru ini harus bisa memberikan perhatian serius dan bekerjasama dengan TNI/Polri serta instansi terkait untuk bagaimana mencegah masuknya Narkoba dan obat-obat terlarang. Apalagi Boven Digoel yang berbatasan langsung dengan negara tentangga, sangat rentan dijadikan sebagai ‘pintu masuk’ Narkoba dan kejahatan lainnya.
Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambanop,S.STP, kepada wartawan usai acara pelantikan mengungkapkan sebagai Bupati Boven Digoel dirinya bersama Wakil Bupati telah komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan melakukan pembangunan dari kampung ke kota. “Pendapatan per kapita penduduk harus meningkat, sehingga kita akan mendorong ekonomi kerakyatan melalui pertanian, perkebunan,”ungkap Bupati.
Kemudian, pihaknya juga akan melakukan pembenahan atau penataan birokrasi, sehingga nanti pejabat yang menduduki jabatan itu benar-benar sesuai dengan kemampuan atau menempatkan orang pada tempat yang tepat, baik eselon II, III maupun IV. Sehingga sinergitas kerja di lingkungan birokrasi bisa berjalan dengan baik, mulai dari kabupaten sampai di pelosok kampung.
“Kami bukan Bupati dan Wakil Bupati tim sukses. Tetapi kami adalah Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel, sehingga seluruh rakyat Boven Digoel akan kami layani baik pelayanan kemasyarakatan, pembangunan maupun pemerintahan,”tegas Bupati.
Sementara itu, Kapolres Boven Digoel, AKBP Iswan Tato Pongbulaan,SIK, ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan situasi Kabupaten Boven Digoel saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati secara umum kondusif. Namun, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya mengerahkan sebanyak 400 personil untuk mengamankan acara pelantikan. Para personil merupakan gabungan dari Polres Boven Digoel, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). (Suyatmadi)

Dibaca 427 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.