Pasific Pos.com
Headline

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M, memimpin peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura.

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M, memimpin peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin (28/10/2024). Pada momen ini, Pangdam bertindak selalu Inspektur Upacara yang juga dihadiri Kasdam Brigen TNI Thevi A Zebua, S.E., M.M, Kapok Sahli Pangdam Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., M.H.I, Para Asisten Kasdam, Para Dan/Kabalakdam XVII/Cen, Para Prajurit TNI, PNS se-Garnizun Jayapura.

Pada peringatan tahun 2024 ini peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 mengusung tema “Maju Bersama Indonesia Raya”. Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yang dibacakan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda tahun ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan membawa Bangsa Indonesia menuju target pembangunan jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045 diharapkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera serta kiprah yang lebih kuat di kancah global menjadi cita-cita bersama yang memerlukan kontribusi pemuda secara aktif.

Sementara itu, Pangdam juga menekankan pentingnya pemberdayaan pemuda sebagai subjek maupun objek pembangunan. Sejumlah pemuda telah berperan aktif dalam sektor nasional dan global, tetapi sebagian lainnya masih membutuhkan dukungan untuk mengembangkan potensi mereka. Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) pada tahun 2024 mencapai 56,33 persen, mencerminkan kemajuan di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, serta kesempatan kerja dan kepemimpinan.

“Mari kita dukung peningkatan peran pemuda dalam pembangunan bangsa yang kuat dan berkelanjutan. Untuk itu memerlukan peran pemuda yang lebih kreatif dan inovatif,” tegas Pangdam

“Mari berikan kesempatan kepada para pemuda untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi negeri ini,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Leave a Comment