Pasific Pos.com
HeadlineInfo Papua

PLN UIP MPA Peringati HLN 79 dan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024

Foto bersama usai upacara.

Jayapura – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) melaksanakan upacara peringatan Hari Listrik Nasional ke 79 sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 96 di Lapangan Upacara PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B), Senin (28/10/2024).

Dihadiri oleh General Manager PLN UIP MPA beserta Manajemen, General Manager PLN UIW P2B beserta Manajemen dan seluruh insan pegawai PLN Group Jayapura, Persatuan Istri Karyawan Karyawati (PIKK) PLN beserta pegawai purna karya.

General Manager PLN UIW P2B, Rizky Mochamad selaku Pembina Upacara menyampaikan amanat Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Ia menyampaikan bersamaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, PLN telah berjuang mewarisi semangat Sumpah Pemuda. Di mana selama Indonesia berdiri, PLN menjalankan mandat menjadi Fondasinya Pembangunan Nasional.

“Empat tahun lalu kita menghadapi Covid-19. Banyak negara bertumbangan. Tetapi Indonesia mampu bangkit lebih cepat. Karena infrastruktur yang dibarengi dengan kelistrikan, ternyata berhasil memunculkan titik-titik perekonomian baru. Inilah fondasinya pembangunan, roda ekonomi dan roda produksi untuk mencapai kesejahteraan rakyat diseluruh Indonesia,” ucap Rizky.

Ia menambahkan, tugas PLN ke depan adalah menyediakan affordable clean energy, di mana semua insan PLN menjadi kekuatannya. Maka diperlukan strategi baru, penambahan kapasitas listrik ke depan adalah 75 persen EBT.

“Dengan ini kita tingkatkan pemanfaatan EBT di lebih banyak titik lagi. Daerah yang tadinya mati menjadi hidup. Energi yang tadinya kotor menjadi bersih, mahal menjadi murah, impor menjadi dalam negeri. Untuk itu kita bangun jaringan Super Grid yang menghubungkan setiap sumber EBT hydro dan geotermal dari pelosok, dialirkan ke pusat industri. Kita juga bangun jaringan Smart Grid yang menyesuaikan naik-turunnya sumber EBT solar dan wind, sehingga pasokan listrik tetap stabil,” tambahnya.

Rizky menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya untuk seluruh Insan PLN yang selama ini terus berjuang, dan akan terus mengabdi untuk bangsa yang lebih baik. Bangsa yang semakin maju, semakin makmur, semakin sejahtera di masa depan.

Selaras dengan Rizky, General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi menyampaikan pentingnya semangat dan kolaborasi dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda, terlebih bertepatan dengan Hari Listrik Nasional.

“Di momentum yang bersejarah ini, kita diingatkan akan peran strategis PLN sebagai ujung tombak dalam penyediaan energi untuk kemajuan bangsa. Energi adalah kunci untuk menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui komitmen kita untuk meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), kita tidak hanya menghadirkan listrik, tetapi juga menciptakan peluang baru yang memberdayakan masyarakat,” ucap Wisnu.

Wisnu mengajak seluruh Insan PLN untuk bersama-sama mengukir prestasi demi kemajuan bangsa. Semangat Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk terus berkontribusi bagi tanah air, menjadikan Indonesia semakin sejahtera.

Setelah berlangsungnya upacara, dilanjutkan dengan acara penutupan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) HLN ke 79 yang telah berlangsung mulai 5 – 25 Oktober 2024 dengan peserta PLN Group se-Papua serta pembagian hadiah kepada pemenang masing-masing cabang olahraga dan seni.

Leave a Comment