Pasific Pos.com
Info Papua

Ketua TP PKK Papua Ajak Anak-Anak Sarmi Gemar Makan Ikan

Jayapura – Dalam upaya menekan angka stunting di Papua, Ketua TP PKK Ny. Kardina Ramses Limbong mengajak anak-anak di Kabupaten Sarmi untuk gemar makan ikan.

Ajakan tersebut disampaikannya saat berdialog dengan anak-anak TK dan Paud disela-sela pencanangan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke XI di Kabupaten Sarmi, Jumat, 25 Oktober 2024.

Didepan puluhan anak-anak, Kardina Ramses Limbong menegaskan pentingnya makan ikan sebagai sumber protein utama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

“ikan mengandung banyak protein yang sangat baik untuk tubuh, terutama untuk perkembangan anak-anak agar tumbuh sehat, sehingga anak-anak harus gemar makan ikan,” tegasnya.

Kepada ibu-ibu, dirinya minta untuk pentingya sajikan ikan di rumah. “peran ibu-ibu sangat penting untuk sajikan makanan di rumah, memberikan makanan bergizi, termasuk ikan,” ujarnya.

Diketahui bersama target prevalensi stunting secara nasional pada 2024 yaitu sebesar 14 persen dimana dengan melihat tingginya prevalensi stunting di Provinsi Papua diharapkan dapat menjadi perhatian bersama.

Oleh sebab itu, hal ini tidak hanya menjadi tugas dari satu instansi saja namun bagaimana kolaborasi pentahelix itu dapat dilakukan oleh setiap lintas sektor maupun stakeholder yang ada di lingkup Pemprov Papua.

Sebagai informasi, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kurangnya gizi secara kronis sehingga anak tumbuh lebih pendek dari rata-rata usianya. Tak hanya secara fisik, stunting juga berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, dan penurunan produktivitas. Akibatnya, stunting pun berdampak pada rendahnya kualitas sumberdaya manusia dan daya saing bangsa.

Leave a Comment