Pasific Pos.com
HeadlinePendidikan & Kesehatan

Pahami Pentingnya Jaminan Kesehatan, BPJS Kesehatan Berikan Kuliah Umum bagi Mahasiswa Uncen

Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan, Mangisi Raja Simarmata memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Uncen. (Foto : Istimewa)

Jayapura  – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII menyambangi mahasiswa Universitas Cenderawasih dalam rangka Senior Leader Mengajar dalam bentuk pemberian Kuliah Umum yang bertemakan “Satu Dekade JKN, BPJS Kesehatan Kuat Berkualitas untuk Indonesia Semakin Sehat”.

Kuliah umum yang langsung disampaikan oleh Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan, Mangisi Raja Simarmata terkait dengan Fundamental Jaminan Kesehatan diikuti 120 mahasiswa perwakilan sembilan fakultas.

“Jaminan Sosial merupakan upaya bersama warga sebuah negara yang ditujukan agar sebanyak-banyaknya warga negara mendapatkan standar hidup minimal, serta untuk melindungi dari penurunan standar hidup yang disebabkan oleh risiko atas kejadian tertentu. Di Indonesia, jaminan sosial dan bantuan sosial merupakan bagian dari kebijakan umum tentang perlindungan sosial. Mulai diatur secara lebih terstruktur sejak krisis moneter tahun 1998,” ujar Mangisi dalam paparan Kuliah Umum, Kamis (10/10/2024).

Mangisi menambahkan, asuransi kesehatan sosial merupakan salah satu metode pendanaan publik, sebagai bagian dari sistem jaminan sosial sebuah negara. Tujuan utama asuransi kesehatan sosial untuk memastikan sebanyak-banyaknya warga sebuah negara mendapatkan pelayanan kesehatan, guna mengatasi tantangan karakteristik-karakteristik khusus dari pelayanan kasehatan, seperti kegagalan pasar, ketidakseimbangan informasi, dan ketidakpastian.

“Terdapat tiga pilar utama penyelenggaraan asuransi sosial diantaranya revenue collection, risks pooling dan purchasing. Perbedaan paling mendasar antara asuransi kesehatan sosial dan asuransi kesehatan komersial adalah terletak pada metode perhitungan iuran atau premi. Askes Komersial dengan pendekatan individual rating, Askes Sosial dengan pendekatan community rating,” tutur Mangisi

Dia berharap, keberlanjutan implementasi program JKN sangat membutuhkan dukungan banyak pihak, salah satunya Universitas Cenderawasih, dimana dukungan tersebut dapat mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada masyarakat.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Cenderwasih jayapura, Septinus Saa, menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan materi Fundamental Jaminan Kesehatan pada kuliah umum saat ini.

“Kuliah Umum yang disampaikan oleh BPJS Kesehatan sangat tepat serta bermanfaat bagi mahasiswa kami untuk menambah wawasan terkait dengan Jaminan Sosial Kesehatan. Menurut kami hal ini sangat tepat agar mahasiswa dapat memahami situasi dan latar belakang dari Program JKN,” ucap Septinus.

Dia berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan kedepannya agar mahasiswa dapat memahami situasi yang terjadi. Pengetahuan mengenai program JKN sangat perlu bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengetahuan.

“Kepada mahasiswa yang hadir untuk dapat mengimplementasikan materi yang diterima pada mata kuliah masing-masing fakultas. Selain itu, mahasiswa juga dapat menyampaikan informasi yang diterima dari kuliah umum kepada masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Comment