Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Jika Terpilih, JBR – HADIR Janji Bakal Atasi Masalah Banjir di Kompleks SMAN 4 Entrop

 

Jayapura – Pasangan Calon Wali kota dan Wakil Walikota Jayapura Nomor Urut 2, Jhony Banua Rouw, SE dan HM. Darwis Massi, SE yang disingkat JBR – HADIR melakukan kampanye tatap muka dengan ratusan warga Kelurahan Entrop di Kompleks SMA Negeri 4 Jayapura, Kota Jayapura, pada Selasa 8 Oktober 2024.

Dalam pertemuan tersebut, JBR – HADIR for Kota Jayapura Cerdas membahas masalah banjir yang menjadi keluhan utama bagi warga setempat.

Calon Wali Kota Jayapura, Jhony Banua Rouw atau yang akrab disapa JBR dalam tatap muka bersama warga itu menyampaikan sejumlah solusi untuk mengatasi banjir yang telah berlangsung bertahun-tahun di kawasan SMA Negeri 4 tersebut.

“Kami akan membuat bypass sungai untuk mengalihkan aliran air. Lokasi bypass akan dibuat sekitar 300 meter menembus ke arah laut,” jelas JBR kepada sejumlah wartawan usai melakukan tatap muka dengan warga komplesk SMA Negeri 4 Entrop Jayapura.

Menurut JBR, pola banjir terjadi karena aliran air dari daerah Entrop masuk ke area SMA 4, kemudian berputar di belakang Hotel Musi dan keluar di depan SMP Thomas, lalu turun ke PTC, baru akhirnya ke laut.

“Dengan memotong jalur ini melalui bypass, kami yakin wilayah ini tidak akan banjir lagi,”jelasnya.

Bahkan, JBR mengklaim solusi ini telah melalui survei awal yang matang.

“Saya sendiri ikut turun ke lapangan, mengukur jarak sampai ke laut, dan menghitung kemiringan lahan. Pemimpin tidak boleh hanya di kantor, pemimpin harus turun langsung mencari solusi,” tandas Jhony.

Terkait status daerah resapan, Jhony mengakui bahwa permasalahannya sudah kompleks karena banyak tanah yang telah dijual dan dibangun.

“Jadi, kita tidak bisa melarang masyarakat adat menjual tanah tanpa memberikan solusi alternatif. Faktanya, sekarang sudah banyak perumahan besar di sini,”ujarnya.

Untuk itu, JBR menambahkan bahwa solusi bypass ini dipilih untuk menghindari timbulnya masalah baru.

“Pemerintah tidak boleh menyelesaikan masalah dengan menciptakan masalah baru. Kami sudah punya solusi dan hanya butuh waktu untuk menyelesaikan masalah pertanahan,” tegas JBR yang juga merupakan Ketua Perbakin Papua itu.

Sekedar diketahui, pada pertemuan tersebut tak hanya mendapat sambutan antusias dari ratusan warga yang ingin menyampaikan aspirasi, tetapi juga warga mendengar langsung program dan visi misi dari pasangan calon Wali Kota Jayapura Nomor Urut 2, JBR – HADIR for Kota Jayapura Cerdas. (Tiara)

Leave a Comment