Pasific Pos.com
HeadlineInfo Papua

Tiga Prajurit TNI Di Papua Terima Satya Lencana

Komandan Lantamal X,  Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla yang menjadi Inspektur Upacara.

Jayapura – Tiga prajurit TNI di tanah Papua mendapat Satya Lencana pengabdian pada peringatan HUT TNI ke-79.   SLK 8 tahun atas nama Praka Hermanus Hendrikus Adadikam dari matra TNI AU,  Penerima SLK 16 tahun atas nama Serda Nanang  dari matra TNI AL dan Penerima SLK 24 tahun atas nama Lettu Ckm Reno Imam Setyawan dari matra TNI AD.

Pada perayaan HUT ke-79 kali ini tampak Komandan Lantamal X,  Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla yang menjadi Inspektur Upacara.  Danlantamal Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla membacakan amanat tertulis Panglima TNI.

Dikatakannya peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal  kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema  tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan  tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Lebih lanjut dikatakan, perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin  kompleks. Selain telah menciptakan dimensi  dan spektrum peperangan baru, juga  membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan.

Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern. “Saya ingin mengingatkan kepada seluruh Prajurit bahwa kita dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi, ” ujarnya.

Pada perayaan kali ini Panglima TNI menekankan 5 hal, ertama, Perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah. Kedua, Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga, Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan.

Keempat, Bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi maupun komponen bangsa, guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib dan lancar. Kelima, Laksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat, karena tugas kita semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Leave a Comment