Pasific Pos.com
HeadlineInfo Papua

Masjid dari Papua Raih Terbaik 1 Nasional

Foto bersama perwakilan Kemenag Kanwil Papua dan Masjid Jami Nurul Huda Nimbokrang.

Jayapura – Masjid Jami’ Nurul Huda yang terletak di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua, berhasil meraih peringkat Terbaik 1 di tingkat Nasional sebagai Masjid Ramah Keragaman.

Penghargaan ini didapatkan pada “Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah Tahun 2024” yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) di Auditorium Swis-Belhotel Solo, pada Selasa (1/10/2024).

Masjid Jami’ Nurul Huda meraih peringkat Terbaik 1 mewakili Provinsi Papua, sementara Terbaik 2 diraih oleh Masjid Akbar dari Provinsi Sumatera Barat, dan Terbaik 3 diraih oleh Masjid Baitussalam dari Provinsi Jawa Timur.

Penyerahan penghargaan sebagai peringkat Terbaik 1 ini diberikan oleh Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin dan langsung diterima oleh Ketua Takmir Masjid Jami’ Nurul Huda yaitu Eko Agung Subroto.

Masjid Jami’ Nurul Huda mendapatkan uang pembinaan dari Kemenag RI sebesar 25 juta rupiah, dan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) sebesar 5 juta rupiah.

Seperti yang dilansir pada berita sebelumnya, Masjid Jami’ Nurul Huda termasuk dalam 6 Masjid yang diajukan oleh Tim Urusan Agama Islam dan Bina Syariah Islam Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua untuk mengikuti ajang Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah tahun 2024 ini.

Diantara 6 masjid yang diajukan, Masjid Jami’ Nurul Huda terpilih oleh Tim dari Kemenag RI untuk mewakili Provinsi Papua lewat kategori Ramah Keragaman. Setelah berhasil masuk nominasi. Tim Verifikasi Lapangan hadir untuk meninjau langsung keadaan masjid tersebut. Dan hasil dari penilaian itulah, yang membawa Masjid Jami’ Nurul Huda meraih prestasi di tingkat Nasional.

Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Papua, Musa Narwawan turut menghadiri dan mendampingi dalam penyerahan penghargaan tersebut, mewakili Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Papua yang berhalangan hadir. Musa menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Kakanwil atas dukungan selama ini.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kami ucapkan kepada Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Papua atas arahan dan motivasi kepada kami sehingga alhamdulillah, kita bisa meraih hasil yang sangat baik,” ujarnya.

Kabid juga berharap kemenangan Masjid Jami’ Nurul Huda ini dapat memotivasi pengurus masjid lainnya di Provinsi Papua agar dapat bersaing baik di tingkat Provinsi maupun Nasional dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi jemaah maupun umat beragama lainnya.

Leave a Comment