Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Sebagai Kader GIDI, Yunus Wonda Hadiri Makan Sumbang Bantu Pembangunan Gereja GIDI Jerusalem Lereh

Dr. Yunus Wonda, SH, MH ketika diarak oleh ratusan Jemaat GIDI Jerusalem dalam acara Makan Sumbang di Kampung Lapua, Lereh, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 28 September 2024. (Foto Tiara)

 

SENTANI –  Wakil Ketua I DPR Papua, Dr Yunus Wonda, SH, MH yang merupakan salah satu kader GIDI menghadiri undangan acara Makan Sumbang yang digelar GIDI Jemaat Jerusalem Kampung Lapua, Lereh, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Sabtu, 28 September 2024.

Setibanya, Yunus Wonda beserta rombongan disambut hangat dan diarak puluhan jemaat GIDI Jerusalem ke tempat. Acara Makan Sumbang diawali dengan ibadah bersama dihadiri ribuan warga Kampung Lapua, Lereh.

Dalam acara Makan Sumbang ini, panitia dan juga keluarga besar Yunus Wonda telah menyiapkan noken untuk jemaat yang ingin ikut menyumbang dana pembangunan gereja GIDI Jemaat Yerusalem.

Wakil Ketua Panitia Pembangunan Gereja GIDI Jemaat Jerusalem Lereh, Yali Wanimbo mengatakan jika gedung gereja ini dibangun sejak tahun 2022. “Kami jemaat GIDI Jerusalem membangun gedung baru ini, lantaran gedung lama yang dibangun sejak 1997 sudah tidak layak, karena kayunya sudah lapuk semua,” ungkap Yali Wanimbo.

Dalam pembangunan gedung gereja ini, memang dikerjakan secara swadaya dari Jemaat dan dibantu oleh Wakil Ketua I DPR Papua, Yunus Wonda yang juga merupakan Kader GIDI.

“Bahkan, sebagian besar bahan bangunan berupa seng, semen dan lainnya itu dibantu oleh bapak Yunus Wonda. Lalu, ada kepala kampung dan Klemen Hamo mantan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura. Untuk itu, kami menyampaikan terimakasih kepada bapak Yunus Wonda dan semua pihak yang membantu pembangunan gereja ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kader GIDI Dr Yunus Wonda, SH, MH mengakui memang telah membantu pembangunan gedung GIDI Jemaat Jerusalem Lereh. “Hari ini saya menghadiri kegiatan ini karena diundang oleh keluarga besar saya dan panitia. Saya hadiri disini bukan kapasitas selaku calon Bupati Kabupaten Jayapura, karena ini belum jadwal saya untuk berkampanye di sini,” tandas Yunus Wonda.

Diakui, dalam acara makan sumbang yang digelar GIDI Jemaat Jerusalem Lereh ini, ia diundang sebagai kader GIDI dan keluarga besarnya untuk menyelesaikan sisa pembangunan yang belum terselesaikan.

Ia pun akui, semenjak menjabat sebagai Wakil Ketua I DPR Papua sejak tahun 2021, dirinya telah berkontribusi dalam pembangunan gereja mulai tahun 2022 hingga saat ini.

Sehingga pembangunan Gereja Gidi Jemaat Yerusalem ini telah di bangunnya sejak tahun tahun 2022 dan ditargetkan tahun 2023 sudah selesai.

“Sebenarnya sudah hampir selesai, hanya tinggal finishing saja, namun kendala saat ini tukangnya belum ada. Padahal bahan bahan bangunan semua ada, tapi tinggal tukang saja yang tidak ada,”jelasnya.

Oleh karena itu, Yunus Wonda berharap kendala ini dapat segera di selesaikan sehingga masyarakat dapat melakukan ibadah di gereja yang baru sebelum perayaan Natal tiba.

“Kami harap bulan Desember atau sebelum Natal, pembangunan gedung gereja ini sudah rampung atau setidak jemaat sudah bisa menggunakan untuk ibadah. Karena di beberapa tempat yang saya bantu pembangunan gereja, itu semua selesai.Tapi kali ini tersendak karena memang kendalanya itu di tukang,” terangnya. (Tiara)

Leave a Comment