Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Dapat Nomor Urut 3, Constan Oktemka – Kris Bakweng Uropmabin Optimis Menang

Usai pencabutan nomor urut, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Constan Oktemka - Kris Bakweng Uropmabin (COBA) menggelar conferense pers, di Caffe D' Sultan, Jembatan Merah Kota Jayapura, Senin petang, 23 September 2024. (Foto Tiara).

Jayapura – Setelah resmi ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Constan Oktemka – Kris Bakweng Uropmabin (COBA), mendapatkan nomor urut 3 untuk Pilkada Pegunungan Bintang 2024.

Constan Oktemka – Kris Bakweng Uropmabin atau di singkat COBA mengaku siap bertarung dalam Pilkada 2024 pada 27 November 2024, mendatang, dan optimis menang.

Kepada pers, Calon Bupati Pegunungan Bintang, Constan Oktemka menyampaikan bahwa setelah pengambilan nomor urut pihaknya menunggu tahapan jadwal selanjutnya dari KPU. “Untuk jadwal kami belum diberitahukan oleh KPU, tetapi setelah ini kami konsolidasi lagi dalam internal sambil menunggu tahapan selanjutnya, terutama jadwal kampanye dari KPU itu seperti apa, sehingga kami siap untuk menyesuaikan,”kata Constan Oktemka kepada sejumlah awak media di Caffe D’ Sultan, kawasan Jemabatan Merah, Kota Jayapura, pada Senin, 23 September 2024.

Constan Oktemka yang juga pernah menjabat Bupati Pegubin pada periode lalu menjelaskan, untuk kampanye pihaknya sudah punya tim sendiri di semua distrik, sehingga pasti akan disesuaikan dengan jadwal.

“Kalau kami mau turun di semua distrik yaitu mungkin waktu tidak cukup, jadi kami sesuaikan dengan waktu yang ada di 3 titik utama yaitu dapil 1 di oksibil, dapil 2 dan 3 disalah satu distrik,”jelasnya.

Menurutnya, dalam penyampaian materi kampanye pasti pihaknya akan lebih kepada mengembalikan kepercayaan rakyat kepada pemerintah karena roda pemerintahan sudah melenceng jauh dari yang seharusnya dalam kepemimpinan sebelumnya.

“Masyarakat ini menunggu atau melihat gaya pemerintah seperti apa, untuk itu kami akan tawarkan kami ingin mengembalikan kepercayaan rakyat kepada pemerintah, sebagai orang tua bagi semua untuk memberi rasa nyaman untuk memberikan manfaat pembangunan bagi semua masyarakat Pegunungan Bintang tanpa membedakan siapapun di daerah itu, bagaimana kami bisa hadir sebagai orang tua bagi semua dan bisa memperhatikan rakyat semua secara adil,”ujar Constan.

Untuk itu, ia menegaskan jika perbaikan penyelenggaraan pemerintahan menjadi prioritas utama bagi COBA.

“Apabila pemerintahan kami perbaiki, maka aspek yang lain pasti akan mengikuti. Tentu pembangunan SDM termasuk membangun infrastruktur dan pengembangan ekonomi yang menjadi prioritas utama,’ imbuhnya.

Lanjut dikatakan, untuk Pegunungan Bintang sekarang ini pemerintahan seperti sudah mati. Sehingga marwah pemerintah harus dikembalikan agar pemerintah bisa memberi perhatian bagi semua rakyat serta untuk semua kepentingan pembangunan didaerah itu.

“Satu hal yang kami lihat dari 4 tahun terakhir ini yaitu pemerintahan di Pegubin ini tidak berjalan secara maksimal sebagaimana seharusnya, sehingga ini yang harus kami kembalikan dan benahi denga baik. Sehingg dengan pemerintahan yang baik pasti akan mendorong sektor pembangunan lain pada porsinya masing-masing,”tandas Constan Oktemka.

Sekedar diketahui, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegubin ini didukung oleh Partai Kebangkitan Nusantara (PKN ) 1 kursi, Partai Golkar 3 kursi, dan Partai Hanura 1 kursi, sehingga dihadapan pendukung dari 34 Distrik

“Hari ini kami pengambilan nomor urut, semoga kami menjadi kandidat yang bisa memberi harapan baru bagi masyarakat dan kami yakin itu kami dinantikan dan diharapkan oleh semua masyarakat Pegunungan Bintang supaya harus kembali memperbaiki keadaan yang sudah semrawut,” cetusnya.

Untuk itu, ia menegaskan, ini pemerintahan harus diperbaiki supaya pemerintahan benar benar menjadi motor pengerak semua sektor pembangunan untuk kepentingan masyarakat dan pemerintahan yang bisa memberikan keadilan serta kenyamanan bagi masyarakat Pegunungan Bintang,”tandas Constan.

Kendati demikian, ia berharap KPU juga bisa menjadi wasit dari empat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang itu. “Kami harap netralitas dari penyelenggaraan itu sangat penting dan itu sangat membantu untuk kami dan kami optimis menang,” tekannya.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Pegubin Kris Bakweng Uropmabin menjelaskan, jika tahapan pencabutan nomor urut sudah dilalui secara baik dan siap bekerja.

“Kami Siap bekerja dan dalam kesempatan ini kami mau menghimbau kandidat COBA menghimbau Kepada seluruh masyarakat Pegunungan Bintang untuk dapat melihat keseimbangan wilayah, keseimbangan suku, dan keseimbangan agama dalam proses pesta demokrasi yang akan berlangsung,”ujarnya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat Pegunungan Bintang untuk kembali melihat rekam jejak dari semua calon, agar dapat menentukan pilihannya. Siapa yang pantas menjadi Bapak Pegunungan Bintang karena proses politik ini akan melahirkan seorang bapak yang akan mengayomi seluruh warga Pegunungan Bintang.

“Kami sudah siap bertarung dengan siapapun, berani maju itu artinya punya basis. Kita berdua dari basis dapil 1 karena itu menjadi modal utama kami berdua untuk maju dan yang berikut adalah strategi dan kerja kerja tim yang solid, itu akan membuat kita akan menang tapi dengan melihat kekuatan tim hari ini datang, kami yakin kami dan percaya akan menang dalam satu putaran,”tegas Kris Bakweng Uropmabin.

Masih ditempat yang sama, Sendy Lepi sebagai Ketua tim dan Dewan terpilih dari Partai PKN menyampaikan, jika dirinya
dipercayakan sebagai ketua tim oleh Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam musim politik ini agar merangkul semua generasi muda atau kaum milenial Pegunungan Bintang.

“Kami generasi milenial, kami siap untuk memenangkan COBA. Kami tim tanpa diajak dan juga masyarakat sudah siap mendukung, karena kedua tokoh ini terbaik dan juga calon Bupati dan Wakil Bupati bukan orang baru mereka sudah kerja sejak lama, dan sudah terbukti hasilnya,” ungkapnya.

Menurutnya, kharismatik dan pesona serta gaya kepemimpinan Constan Oktemka belum redup, bahkan masih bersinar hingga hari ini. Untuk itu ia layak terpilih kembali pimpin Pegunungan Bintang.

“Kami sudah membentuk tim dari tingkat Kampung dan tingkat distrik. Bahkan, tim sudah kerja dan besok kami menunggu koridornya KPU untuk jadwal kampanye tempatnya dimana dan konsolidasi selanjutnya,”tutup Sendy Lepi. (Tiara).

Leave a Comment