Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pegubin Siap Bertarung di Pilkada 2024

Empat paslon bupati dan wakil bupati Pegunungan Bintang 2024, foto bersama sambil memegang nomor urut masing masing. (Foto Tiara).

Jayapura – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Bintang melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang Tahun 2024 di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Senin, 23 September 2024.

Rapat pleno terbuka ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Pegunungan Bintang, Yulius Uopdana.

Yulius Uopdana mengatakan, pengundian ini merupakan salah satu tahapan penting dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), sehingga berharap seluruh proses selanjutnya berjalan aman dan damai.

Oleh karena itu, KPU Pegunungan Bintang menetapkan untuk No Urut 1 Pasangan Calon Denius T. Uopmabin dan Rumin Lepitalen, No Urut 2 Spei Yan Birdana dan Arnold Nam, No Urut 3 Costan Oktemka dan Kris Bakweng Uropmabin sementara No Urut 4 Thonce Nabyal dan Jeremias Tapyor, “ kata Ketua KPU Pegunungan Bintang, Yulius Uopdana kepada sejumlah wartawan di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Senin, 23 September 2024.

Dikatakan, ke depan untuk Pegunungan Bintang akan melalui tahapan tahapan yang sedang dijalankan diantaranya kampanye akbar calon dan juga tahapan tahapan KPU yang sedang berjalan.

Kendati demikian, pihaknya berharap kepada 4 paslon ini dapat menjadikan Pegunungan Bintang yang terbaik, berdemokrasi, bermartabat dan profesionalitas serta punya legitimasi.

“Sekali lagi, mari kita sama-sama menjaga Pemilukada serentak 2024 ini agar berjalan aman, damai dan sejuk, tanpa ada gangguan Kamtibmas apapapun,”tandasnya.

Ketua Kordiv Hukum dan Pengawasan, Hubertus Bamulki, menegaskan dari ke 4 calon Bupati dan Wakil Bupati ada satu Bupati aktif dan satu Wakil Bupati aktif, sehingga diharapkan sebelum kampanye harus ada surat cuti yang disampaikan kepada KPU.

“Beliau berdua harus menyampaikan surat cuti sebelum masa kampanye berlangsung. Jadilah pemain yang baik supaya kami menjadi wasit yang baik,”tekannya.

Ketua Divisi Theknis Penyelenggara Pemilu, Kotan Kalakmabin menyampaikan dalam tahapan Pemilukada kini sudah sampai di ujung tahapan pencabutan nomor undian.

“Selanjutnya kami akan deklarasi kampanye bersama dengan 4 pasangan calon, kita akan arahkan dan pembukaan kampanye tahapannya akan dilaksanakan pada 25 September – 23 November dan dipusatkan di Kota Oksibil. Tetapi nanti akan kami koordinasikan baik dengan pasangan calon dan penyelenggara Pemilu,”ujar Kotan Kalakmabin.

Sementara itu, Kordiv SDM dan Pharmas, Elipinus Kedumand pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi karena kegiatan hari ini berjalan dengan baik.

“Untuk tempat kami belum ada keputusan apakah lakukan kampanye akbar di oksibil atau disini, mengingat kendala pesawat dan faktor cuaca kami di atas sangat ekstrem, maka kami selalu adakan kegiatan entah itu kecil maupun besar kami harus koordinasi ke provinsi dan nanti provinsi arahkan kita seperti apa sesuai teknik,”jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan No Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang 2024, juga di isi dengan Sambutan dari masing-masing Pasangan Calon yang di beri waktu oleh KPU Pegunungan Bintang. (Tiara).

Leave a Comment