Pasific Pos.com
Info PapuaKabupaten Jayapura

Srikandi PLN Dukung Pemberdayaan Perempuan Papua melalui Program Woman Support Woman

Melalui program sosial yang digagas oleh para karyawati PLN UIP MPA berkolaborasi dengan tim TJSL PLN Peduli UIP MPA dalam wadah Srikandi PLN Movement. (Foto : Istimewa)

Jayapura – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (PLN UIP MPA) melalui Srikandi PLN kembali melakukan aksi sosial dalam mendukung pemberdayaan perempuan, khususnya di wilayah Papua.

Melalui program sosial yang digagas oleh para karyawati PLN UIP MPA berkolaborasi dengan tim TJSL PLN Peduli UIP MPA dalam wadah Srikandi PLN Movement, kegiatan tersebut berupa pelatihan pemasaran digital bagi para mama-mama di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. Turut menggandeng komunitas pemuda Papua, Komunitas Kitorang, kegiatan ini berlangsung pada Kamis (19/9/2024) di lokasi Desa Berdaya PLN “Taman Inspirasi Waibu”.

Mengusung tema “Woman Support Woman”, program ini dirancang sebagai upaya nyata dalam mendukung kesetaraan gender, khususnya melalui pengembangan usaha bagi perempuan lokal. Dalam kegiatan ini, pelatihan komprehensif yang diberikan bagi kelompok usaha mama-mama Papua mencakup berbagai keterampilan penting untuk menghadapi era digital. Pelatihan tersebut mulai dari teknik foto produk yang menarik, desain grafis melalui aplikasi, pemasaran digital, hingga pengemasan produk yang sesuai dengan standar pasar online.

Dessy Refasi selaku Ketua Srikandi PLN UIP MPA menyampaikan, terima kasih yang mendalam kepada masyarakat setempat, terutama Kepala Kampung Kwadeware, atas dukungan dan sambutannya yang hangat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat, khususnya Kepala Kampung Kwadeware, yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Program Woman Support Woman kali ini kami persembahkan khusus untuk mama-mama di Kampung Kwadeware.

Pihaknya berharap, program ini dapat mendorong perempuan untuk semakin berdaya dan berani berkarya. Lewat inisiatif ini, Srikandi PLN ingin membantu para mama agar lebih percaya diri dan terampil dalam memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan komunitas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kampung Kwadeware, Markus Tungkoye, dalam sambutannya menyampaikan respon positif serta mengajak para mama yang hadir pada kegiatan tersebut bahwa program ini merupakan sebuah berkat yang harus terus dikembangkan.

“Kampung Kwadeware menyambut dengan antusias program baik ini, yang sangat penting dalam mendukung pengembangan usaha mama-mama. Program ini adalah berkat besar bagi kami yang harus terus dikembangkan demi kemajuan bersama. Jika program ini berhasil, maka keberhasilan ini juga untuk para mama-mama dan tentunya bagi Kampung Kwadeware secara keseluruhan,” ucap Markus.

Melalui program ini, mama-mama di Kampung Kwadeware diajak untuk lebih terbuka terhadap peluang usaha di era digital. Dengan keterampilan yang mereka peroleh, mereka diharapkan dapat memanfaatkan platform online untuk memperluas jangkauan produk mereka hingga ke pasar yang lebih luas.

Hal ini sejalan dengan visi PLN dalam mendorong pemberdayaan masyarakat lokal melalui teknologi dan inovasi. Tak hanya fokus pada pengembangan usaha, program Woman Support Woman ini juga berupaya untuk melestarikan budaya lokal melalui produk-produk yang dihasilkan oleh para mama-mama Papua.

Wisnu Kuntjoro Adi selaku General Manager PLN UIP MPA, dalam kesempatan terpisah menyatakan dukungannya terhadap program ini. Program yang diberikan merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap pelestarian budaya lokal hingga pengembangannya dalam mengikuti era digitalisasi.

“PLN sangat mendukung pelatihan yang digagas oleh Srikandi PLN dan tim TJSL PLN Peduli. Melalui workshop ini, kami berharap dapat berkontribusi pada pelestarian budaya serta meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Ini adalah bentuk tanggung jawab sosial kami untuk turut serta membangun daerah dan memperkuat potensi lokal,” jelasnya, Jumat (20/9/2024).

Sebagai bagian dari inisiatif Srikandi PLN Movement, program Woman Support Woman adalah salah satu langkah nyata PLN dalam mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, khususnya di wilayah Papua. Para karyawati PLN yang tergabung dalam Srikandi PLN menjadi inspirasi bagi banyak perempuan di berbagai daerah untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi keluarga dan masyarakat.

Leave a Comment