Pasific Pos.com
Ekonomi & BisnisHeadline

Hingga Akhir Tahun, Telkomsel Bangun 150 BTS Baru di Papua

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Maluku Papua, Yasrinaldi. (Foto : Sari)

Jayapura – Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi.

Selama 29 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir dengan dukungan lebih dari 257.300 BTS secara nasional serta melayani lebih dari 162 juta pelanggan mobile dan lebih dari 8,9 juta pelanggan fixed broadband  yaitu IndiHome-B2C yang tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri.

Di Papua, Telkomsel telah membangun 1.800 site untuk menunjang konektivitas digital maupun voice. Sementara, di wilayah Regional Maluku Papua sebanyak 5.500 site telah dibangun, termasuk jaringan yang dibangun bekerjasama dengan pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Maluku Papua, Yasrinaldi mengatakan, pihaknya telah berencana melakukan pengembangan jaringan hingga akhir 2024.

“Hingga akhir tahun ini, kita akan tambah 150 site baru di Papua untuk mencover masyarakat agar maksimal mendapatkan layanan Telkomsel,” ujar Yasrinaldi di Jayapura, Kamis (19/9/2024).

Namun beberapa tantangan dihadapi Telkomsel dalam setiap pengembangan infrastruktur di Papua, antara lain mobilisasi yang menantang, terlebih di wilayah yang hanya menggunakan transportasi udara.

“Kemudian kondisi geografis di wilayah Papua terdapat banyak bukit atau pegunungan sehingga terkendala dalam penambahan site baru dan juga penyediaan bandwidth yang maksimal,” ucapnya.

Isu keamanan di beberapa daerah, sebut Yasrinaldi, juga menjadi kendala untuk melakukan pengembangan jaringan telekomunikasi.

“Selain itu, terdapat beberapa daerah yang belum memiliki listrik 24 jam menyala sehingga berdampak pada ketersediaan sinyal,” ungkapnya. (Sari)

Leave a Comment