Pasific Pos.com
Headline

Jelang Penutupan PON XXI Atlet Papua Suplai 4 Medali Emas

Atlet Selam Faradilah Hehanusa peraih medali emas dan Fery Dwi Irjayanto peraih medali perunggu bersama pelatih dan official tim Selam Papua foto bersama usai Upacara Pengalungan Medali. (foto: POSSI Papua)

ACEH  – Jelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, atlet-atlet terbaik seluruh Indonesia terus berjuang menambah pundi-pundi medali emas bagi kontingennya.

Hingga Rabu petang 18 September 2024, Kontingen Papua mendapat pasokan 4 medali emas dari tiga Cabang Olahraga (cabor) yakni Cabor Selam, Renang dan Menembak.

Pengurus Provinsi Persatuan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengprov POSSI) Papua, merilis prestasi atletnya yang berhasil mempersembahkan tiga medali, yakni 1 medali emas dan 2 keping medali perunggu.

“Puji Tuhan, Tim Selam Papua (Kolam dan Laut) pada PON XXI Aceh Sumut 2024 bisa mengakhiri perlombaan di nomor Kolam dan Nomor Laut (OBA) dengan hasil 3 Medali masing-masing 1 medali Emas dan 2 Perunggu,”ungkap Jhon Mampioper, Ketua Pengprov POSSI Papua dalam keterangan resminya, Rabu, 18 September 2024.

Mampioper menjelaskan tiga medali Selam diraih atletnya dari Selam Kolam dan Selam laut. Medali emas dipersembahkan atlet Selam Laut atas nama Faradilah Hehanusa di nomor 5 Point Course Putri saat berlomba di di Pelabuhan CT-1 BPKS, Kota Sabang, Aceh, Rabu (18/9/2024).
Sedangkan perunggu disumbang Fery Dwi Irjayanto di Nomor Orientasi Bawah Air 5 Point Putra.“Satu Medali perunggu lainnya di raih atlet atas nama Jasmine di Selam kolam nomor 200 meter Bi-Fin Putri,”ujarnya.

Pengprov POSSI Papua pada PON XXI Aceh Sumut 2024 menyertakan 9 atlet putra- putri yang terdiri dari 5 atlet di Nomor Kolam dan 4 Atlet Nomor Laut. “Termasuk 2 Atlet Putra dan 1 Atlet Putri yg baru pertama kali mengikuti PON di tahun 2024,”kata Jhon.

Mampioper mengapresiasi upaya dan kerja keras pelatih, atlet dan official tim Selam Papua yang berhasil merebut 3 medali emas di PON XXI bagi Kontingen Papua. Terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Papua dan KONI.

“Selaku Ketua Pengprov dan mewakili seluruh pengurus, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Pelatih, Atlet dan Official Tim Selam Papua yang telah berjuang di PON XXI Aceh-Sumut. Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua dan KONI Papua atas dukungannya kepada POSSI dan atlet Selam Papua sehingga tim Selam Papua bisa memberikan yang terbaik bagi Papua di ajang bergengsi PON XXI ini,”tandasnya.

Jasmine atlet Selam Kolam Papua meraih medali perunggu di nomor 200 meter Bi-Fin Putri. (foto: POSSI Papua)

Dengan prestasi Selam Papua di PON XXI Aceh-Sumut, Mampioper berharap KONI Papua kedepan, memberikan perhatian yang lebih serius dan dukungan pembinaan bagi pengembangan olahraga Selam serta Pembinaan Atlet muda menunu PON XXII tahun 2028 di NTT dan NTB.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Pusat, Laksda TNI (Purn) Rubiyanto, SE, MM dalam keterangan tertulisnya mengatakan perolehan medali emas di cabang olahraga selam laut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 merata di setiap kontingen.

Rubiyanto mengatakan pertandingan untuk kategori open water baik di nomor OBA maupun fine swimming sangat optimal. Oleh karena itu, POSSI akan mengadakan Seleksi Nasional (Seleknas) menghadapi kompetisi tingkat internasional seperti SEA Games dan kejuaraan dunia.

Perlombaan Selam Laut berlangsung di Pelabuhan CT 1 BKPS, Kota Sabang, 16-18 September. Ada enam nomor yang dilombakan yaitu orientasi bawah air (OBA) nomor M course putra dan putri, dan 5 point course putra dan putri, serta nomor lomba finswimming 3.000 meter untuk putra dan putri.

Hasil pertandingan selam laut PON XXI Aceh-Sumut:

M course putra
1.⁠ ⁠Andi Junaidi (Jawa Tengah) – total nilai 941
2.⁠ Eka Resdianto (Aceh) – total nilai 907
3.⁠ ⁠Rokhandi Yusuf (DKI Jakarta) – total nilai 902

M Course Putri
1.⁠ ⁠Vina Malini (Riau) – total nilai 1.032
2.⁠ Angela Patrisia Vanya ⁠(Jawa Barat) – total nilai 945
3. Alicia Heavenly Lindy Pangalila (Sulawesi Utara) – total nilai 759

5 Point Course Putra
1.⁠ ⁠Annuar (Aceh) – total nilai 1.587
2.⁠ ⁠Nurrohman (Lampung) – total nilai 1.557
3. Veri Dwi Irjayanto (Papua) – total nilai 1.531

5 Point Course Putri
1.⁠ Faradhillah A Hehanusa (Papua) – total poin 1.456
2.⁠ ⁠Angela Patrisia Vanya (Jawa Barat) – total poin 1.414
3.⁠ ⁠Astrit Marsella Teng (Maluku) – total poin 1.399

Finswimming 3.000 Meter Putra
1.⁠ Miki Wowor (Sulawesi Utara) – 34 menit 10,15 detik
2.⁠ ⁠Farand Gavrila Simon (Kalimantan Timur) – 35 menit 16,65 detik
3.⁠ Steven Stanley Adriano (Jawa Tengah) – 35 menit 37,14 detik

Finswimming 3.000 Meter Putri
1.⁠ Ni Made Nadya Safira (Bali) – 36 menit 39,25 detik
2.⁠ ⁠Syarifa Atika Salsabillah (Sulawesi Selatan) – 36 menit 40,80 detik
3.⁠ Trivena Adelia Turambi (Sulawesi Utara) – 36 menit 53,78 detik

Leave a Comment