Pasific Pos.com
Lintas Daerah

PLN UIP MPA Gelar Pelatihan Sertifikasi Ahli K3 Umum, Dorong Peningkatan Keselamatan Kerja

PLN Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum.

Tobelo – Sebagai bagian dari komitmen dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PLN Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum guna meningkatkan standar keselamatan kerja di wilayah Maluku dan Papua.

Program pelatihan yang diselenggarakan oleh PLN UIP MPA yang bekerja sama dengan PT Lintas Pengembangan Manajemen Indonesia (PT LPMI) sebagai pelaksana kegiatan dan didukung oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate (Disnaker Ternate) bertujuan untuk memastikan pelatihan berjalan efektif dan sesuai dengan standar keselamatan kerja nasional.

Direktur PT LPMI, Christien Chandra, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mencetak tenaga ahli K3 yang kompeten di wilayah Maluku dan Papua.

“Kami berharap pelatihan ini dapat membekali para peserta dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memastikan keselamatan di lingkungan kerja terutama di sektor-sektor industri yang memiliki risiko tinggi.”

Robertho F. Ongky, salah satu instruktur dari Disnaker Ternate menekankan, bahwa materi yang disampaikan dalam pelatihan ini mencakup pengetahuan dan keterampilan praktis di lapangan.

“Kami memberikan bekal mengenai cara mengidentifikasi risiko keselamatan dan kesehatan kerja, serta langkah-langkah pencegahan yang harus diambil untuk meminimalisir bahaya. Saya berharap, peserta pelatihan dapat langsung menerapkan apa yang yang sudah dipelajari di tempat kerja masing-masing.” ujar Ongky.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 minggu dimulai tanggal 5-18 September 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 17 orang yang berasal dari Desa Gorua dan Desa Mamuya dilaksanakan di Marahai Park Hotel Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Di mana peserta akan mengikuti sesi-sesi pelatihan intensif dan ujian sertifikasi.

Muhamad Isra Haruna, salah satu peserta Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada PLN dan seluruh pihak yang terlibat.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN UIP MPA terkhusus PLN Peduli yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan standar keselamatan kerja di tempat kami masing-masing,” ucap Isra.

Dalam kesempatan terpisah, General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi, menyampaikan, bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya strategis PLN untuk memastikan keselamatan kerja menjadi prioritas utama di semua sektor.

“Pelatihan ini penting untuk mendukung kinerja PLN dalam membangun infrastruktur kelistrikan yang aman dan berkelanjutan, khususnya di wilayah timur Indonesia. Kami ingin menciptakan tenaga kerja yang berkompeten dalam menjaga keselamatan di lapangan,” tutup Wisnu.

Dengan suksesnya pelatihan ini, PLN UIP MPA berharap dapat terus berkontribusi dalam mencetak tenaga kerja yang berkompeten dan siap berkontribusi pada keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia, khususnya di kawasan Maluku dan Papua.

Leave a Comment