Pasific Pos.com
Olahraga

Gulat Papua Gagal Raih Medali Emas PON 2024

JAYAPURA –  Cabang Olahraga Gulat gagal mempersembahkan medali emas untuk kontingen Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Pada partai final, Senin (I16/9) yang berlangsung di GOR Rambung Binjai, Medan, Sumatera Utara, Pegulat Papua, Reyna Fadly Saifumilah kalah dari wakil DKI Jakarta, M. Rudiansyah dengan skor 5-6 dikelas 97 kg gaya bebas putra.

Sementara medali perunggu diraih oleh Junaldi Sembiring asal Sumatera Utara dan Husnul asal Sumatera Barat.

Perjalanan Reyna hingga mendapatkan ke partai final terbilang mulus. Pada babak kualifikasi, ia menang cepat atas pegulat Banten, Muhammad dengan skor 2-0.

Lalu pada babak selanjutnya ia mengalahkan pegulat Sumatera Barat, Husnul dan melenggang ke babak semifinal. Pada babak semifinal ia juga berhasil menang atas pegulat Bengkulu, Aditya Saputra dan memastikan langkah ke laga puncak.

Reyna pun harus merelakan medali emas untuk lawannya. Sedangkan dia hanya kebagian medali perak.

Pelatih gulat Papua, Lisyard Baransano tak merasa kecewa meskipun atlet andalannya itu gagal membawa pulang medali emas. Menurutnya, raihan medali perak sudah membuat mereka bersyukur.

Terlebih atletnya sudah berjuang keras hingga sampai ke final, walaupun hanya dengan bekal persiapan selama tiga minggu secara mandiri sebelum PON XXI.

“Di final pasti ada menang dan ada kalah. Mungkin itu lah yang bisa kami dapat, dan atlet kami sudah berjuang keras dan ini adalah berkat yang luar biasa untuk kami,” kata Baransano.

“Kami tidak bisa berjanji untuk lebih, tadinya kami berkeinginan berada di podium satu, tapi Tuhan berkehendak lain, itu pun kami bersyukur sekali, apapun medalinya kami tetap bersyukur,” sambungnya.

Setelah kegagalan di nomor pertama, ia berharap dua atletnya, Andre Rido Sada dan Fernando Kaisiepo yang akan bertanding pada 19 September mendatang, bisa mendapatkan medali emas.

“Tanggal 19 September kami akan berusaha dapat medali emas lagi. Masih ada dua atlet lagi, semoga bisa ada tambahan medali dan kami berdoa supaya bisa dapat medali emas itu,” ujarnya.

Leave a Comment