Pasific Pos.com
Olahraga

PON XXI: Layar Papua Genggam Medali Ketiga

 

BANDA ACEH – Tim Layar PON Papua berhasil menambah perolehan medali mereka pada ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI pada nomor lomba terakhir yang berlangsung di Pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, Senin (16/9/2024).

Pada final nomor lomba ILCA 4 Putri, atlet Papua Emma Ledis Yawan menempati posisi kedua dan menggenggam medali perak.

Medali tersebut menggenapi perolehan tiga keping medali yang disumbangkan oleh tim layar Papua pada ajang PON XXI. Setelah sebelumnya, pada Kamis (12/9/2024, dua atlet putra mereka meraih medali emas, yakni Aldo Rizki Zulkarnain di nomor ILCA 6 putra dan Muhammad Fasya Aldiansyah ILCA 4 putra.

Pada PON XXI Aceh – Sumut ini, layar Papua menurunkan empat atletnya. Namun hanya satu yang gagal mendapatkan medali, yakni Petra Ahuluhelu di kelas laser standar.

“Tadi di nomor terakhir, atlet putri kita atas nama Emma Ledis Yawan mendapatkan medali perak. Ini menjadi medali ketiga kita pada PON XXI ini. Dari empat atlet kita berhasil membawa pulang tiga keping medali dari Aceh, dua medali emas dan satu perak,” kata

Pelatih tim Layar Papua, Jhon Wattimena usai lomba.

Ia mengatakan perjuangan para atletnya sudah luar biasa. Dua emas yang dibawa pulang dari PON XXI sesuai dengan target mereka yang menyamai torehan tiga tahun lalu pada PON XX tahun 2021 di Papua.

“Terima kasih atas dukungan doanya sehingga atlet kita bisa mempersembahkan tiga medali untuk Tanah Papua,” ujarnya.

Sebelumnya, meski dengan persiapan yang serba terbatas, Jhon Wattimena menyatakan tim Porlasi Papua memang bertekad membidik target medali emas pada PON XXI. Target tersebut berdasarkan hasil memuaskan yang mereka capai pada babak kualifikasi atau Pra-PON, tahun 2023 lalu.

“Target kita memang rebut medali, kemarin waktu Pra-PON itu kita dapat dua medali perak dengan nilai yang sangat memuaskan,” ujarnya.

Medali emas bagi Porlasi Papua adalah target yang realistis karena mereka pernah berhasil mencatatkan sejarah pada PON XX tahun 2021 lalu dengan meraih dua medali emas dan dua medali perunggu.

“PON XX tahun 2021 lalu kita dapat dua medali emas dan dua medali perunggu, itu pencapaian terbaik kita di PON sebelumnya,” sebutnya. (*)

Leave a Comment