Pasific Pos.com
HeadlineKriminal

Satgas Yonif 122/TS Temukan Lahan ganja Seluas 600 Meter dan 50,25 Kg Ganja Siap Panen

Satgas Yonif temukan lahan ganja di Keerom

Keerom – Satuan Tugas pengamanan perbatasan RI-PNG Yonif 122/TS Pos Kalipay kipur C melaksanakan Patroli Gabungan bersama BNN dan Bea Cukai Jayapura berhasil menemukan ladang ganja seluas 600 Meter dan 8 Karung ganja siap edar dengan 50,25kg di pintu masuk perbatasan RI-PNG, tepatnya di kampung Paitenda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Dankipur C Lettu Inf Panca menerangkan, penemuan ladang ganja tersebut berawal personel Pos Kalipay mendapatkan informasi dari masyarakat atas nama Dolop, bahwasannya di daerah batas RI PNG di sekitaran distrik Waris ada ladang ganja, namun belum diketahui tepatnya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut langsung melaporkan kepada Pasi Intel Satgas Yonif 122/TS. 10 personel Pos Kalipay dipimpin Sertu Aris melaksanakan pendalaman informasi dan pengamatan serta pengecekan.

“Setelah mendapatkan titik CO ladang Ganja tersebut , personel yang melaksanakan pendalaman, kami berkoordinasi dengan Pasi Intel bahwa benar adanya Ladang Ganja, kemudian berkoordinasi dengan pihak BNN Jayapura dan Bea Cukai Jayapura untuk bersama – sama untuk melaksanakan Patroli gabungan ke lokasi Ladang Ganja tersebut” Ungkap Dankipur C.

Tim Patroli gabungan menemukan ladang Ganja, dari hasil pengamatan ladang sudah lama tidak digunakan. Kemudian dilaksanakan penyisiran di sekitar ladang tersebut oleh Tim Patroli gabungan. Ganja ganja tersebut di eksekusi pencabutan dan dimasukkan ke dalam karung kemudian dibawa ke Pos.

Sementara itu Dansatgas Letkol Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, mengatakan sesuai dengan tugas pokok Satgas Yonif 122/TS, dalam menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG dengan mengedepankan bidang pengamanan dan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas, patroli patok dan patroli jalur perlintasan Ilegal untuk mencegah penyusupan serta penyeludupan, di wilayah perbatasan.

Dari hasil penemuan landang Ganja dengan Luas 600 Meter, 8 Karung ganja, total berat sekitar 50,25 Kg, dan dilaksanakan penyerahan barang ganja ke BNN Jayapura & Bea Cukai Jayapura untuk dibawa ke Jayapura, dilakukan penimbangan dan laporan lebih lanjut

Leave a Comment