Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Pj. Christian Sohilait Beri Pengharaan Kepada 5 Cabor Terbaik di Kota Jayapura

 

Jayapura  – Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional yang ke- 41, Pemerintah Kota Jayapura menggelar acara pemberian penghargaan kepada 5 cabang olahraga terbaik di kota Jayapura, yang dilaksanakan di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, pada Senin malam, 9 September 2024.

Dimalam penganugrahan pemberian penghargaan itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Christian Sohilait mengatakan,
pemberian penghargaan ini memiliki dua tujuan utama. Pertama, untuk memberikan apresiasi kepada cabang-cabang olahraga yang telah berprestasi dan berperan dalam menyiapkan atlet-atlet terbaik di Kota Jayapura. Kedua, sebagai bentuk motivasi agar cabang-cabang olahraga terus membina dan mengembangkan potensi atlet, khususnya yang berasal dari Kota Jayapura.

“Selamat untuk teman-teman yang sudah mendapat penghargaan di malam hari ini. Bagi yang belum, kita terus semangat dalam menjaga kesempatan lain. Namun kita berharap tahun depan, kita juga akan menyelenggarakan penghargaan dalam kategori-kategori yang lain,” kata Chiristian Sohilait kepada sejumlah wartawan di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, semalam.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura, Rocky Bebena, menjelaskan, proses penilaian yang dilakukan oleh dewan juri untuk memilih 5 cabang olahraga terbaik. Dewan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, dan perwakilan dari Pemerintah Daerah melakukan penilaian berdasarkan beberapa aspek, yaitu administrasi, program, sumber daya manusia, dan prestasi.

“Jadi, dari 42 cabang olahraga yang kami minta untuk mengumpulkan portofolio, hanya 8 yang memasukkan dokumen tepat waktu. Dari 8 cabang olahraga tersebut, kami melakukan penilaian berdasarkan kisi-kisi yang telah kami tetapkan dan jelaskan kepada masing-masing cabang olahraga,” jelas Rocky Bebena.

Kendati demikian, kata Rocky pihaknya berharap dengan adanya penghargaan ini, cabang-cabang olahraga yang lain akan termotivasi untuk melakukan tertib administrasi sehingga dapat memperoleh dana pembinaan dari Pemerintah Kota Jayapura setiap tahunnya.

“Walaupun mungkin tidak besar. Ini juga sebagai bentuk apresiasi kami kepada cabang olahraga yang dapat mengelola anggaran dengan baik dan tertib,”harapnya.

Sementara, Kepala Seksi Bidang Olahraga Usia Dini Dispora Kota Jayapura, yang juga sebagai Ketua Panitia Penganugerahaan, Nicky Leonardo Ilolu menyampaikan, rasa syukur atas terlaksananya acara malam penganugerahan cabang olahraga (Cabor) tersebut.

“Kami mengucap syukur kegiatan malam penganugerahan ini bisa terlaksana dengan sukses dan lancar. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada Pj Wali Kota Jayapura atas semua partisipasi dan bantuannya,” ungkap Nicky.

Selain itu, Nicky juga menjelaskan bahwa proses penilaian dilakukan secara objektif berdasarkan portofolio yang dikumpulkan oleh masing-masing cabor.

“Penilaian ini tidak menilai sembarangan, tapi ada juri yang menilai dari awal,” tandas Nicky.

Kata Nicky, meskipun Dispora Kota Jayapura telah mengundang 42 cabor dari KONI dan NPCI kota, tapi hanya delapan cabor yang mengumpulkan portofolio untuk dinilai.

“Kita undang 42 cabor KONI dan cabor NPCI kota, tetapi yang mengumpulkan data atau portofolio hanya 8 cabor. Oleh karena itu, kami tetap menilai dan itulah hasilnya yang kita lihat,” terangnya.

Berikut pemenang penganugerahan bagi cabang olahraga adalah sebagai berikut:
Juara 1: PSSI Kota Jayapura
Juara 2: MPC Renang Kota Jayapura
Juara 3: Aquatic Kota Jayapura
Juara 4: Rugby Kota Jayapura
Juara 5: Kick Boxing Kota Jayapura. (Tiara).

Leave a Comment