Pasific Pos.com
Headline

BTM-YES Resmi Daftar, KPU: Berkas Lengkap

Jayapura – Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Benhur Tommy Mano- Jermias Bisay (BTM-YES) resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Kamis (29/8/2024) malam. Pasangan calon yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini diantar ribuan pendukungnya.

Sebelum menuju Kantor KPU Papua di Holtekamp, BTM-YES melakukan ibadah di Gereja GKI Pniel, Kotaraja, Jayapura, dilanjutkan dengan menggelar deklarasi di PTC Entrop.

Acara deklarasi BTM-YES berlangsung meriah dihadiri ribuan masa pendukung dan simpatisan diwarnai puji – pujian dan tarian.

Usai deklarasi BTM-YES diiringi tarian dan arak – arakan menuju ke KPU untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon mengatakan jika pihaknya menerima BTM-YES sekitar pukul 20.00 WIT. Kehadiran BTM-YES didampingi oleh pimpinan partai politik pengusung.

KPU kemudian melakukan pemeriksaan terhadap dokumen persyaratan bacalon dan dokumen persyaratan calon. Berkas pendaftaran BTM-YES kemudian dinyatakan lengkap.

“Tim KPU lakukan pemeriksaan dan setelah proses pemeriksaan dokumennya baik dokumen persyaratan pencalonan dan dokumen persyaratan calon telah lengkap sehingga bisa diterima,” ucapnya.

Tanda terima pendaftaran juga sudah diserahkan KPU ke BTM-YES. Selanjutnya BTM-YES akan melakukan pemeriksaan Kesehatan di RSUD Jayapura.

Usai pendaftaran, BTM menyampaikan terima kasih kepada KPU karena telah diterima dengan hangat dan baik. “Semua tahapan KPU akan kita patuhi, dan sesuai jadwal besok (Jumat-red) kami akan ikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Jayapura,” jelasnya.

usai mendaftar, BTM-YES menemui masyarakat di halaman kantor KPU Papua, BTM menegaskan bahwa tujuan utama dirinya maju sebagai Calon Gubernur Papua karena ingin melihat tanah Papua maju, Sejahtera, mandiri dan berkeadilan.

“Dari tanah Tabi hingga lautan Saireri yang luas, semua bagian dari satu tubuh, satu jiwa Papua. Dari Kota Jayapura yang gemerlap hingga Kabupaten Biak yang megah, dari Kabupaten Jayapura hingga Kabupaten Waropen, setiap wilayah adat Tabi dan Saireri adalah denyut nadi Papua yang tak pernah berhenti. BTM-YES membawa harapan dan impian masyarakat ke dalam hati kami untuk membangun Papua,” bebernya.

BTM juga mengimbau para pendukung dari Tabi dan Saireri, kalian adalah kekuatan kami. “Mari kita perkuat barisan, satukan langkah, dan bersama-sama kita akan membawa Papua menuju kemenangan. Kemenangan ini bukan hanya untuk kami, tetapi untuk seluruh rakyat Papua, dari ujung paling barat hingga ujung paling timur,” ujarnya.

Sementara itu Balon Gubernur Yeremias Bisai (YB) menegaskan dirinya maju sebagai Wakil Gubernur Papua karena ingin mempertahankan Eksistensi Tabi-Saireri. “Papua ada diatas Tabi Saireri. Untuk itu Kami hadir untuk kedua anak Tabi Saireri,” tegasnya.

Lebih lanjut toleransi antar umat beragama di Papua dibangun secara turun temurun sampai saat ini, oleh sebab itu perberdaan bukan menjadi peroslaan. “Jangan peroslaan politik ini terceraberai karena politik,” imbuhnya.

BTM-YB kata dia tampil bukan untuk satu organisasi, tapi untuk seluruh masyarakat Papua. Sehingga dia mengajak masyarakat adat Tabi-Saireri, tidak saling mencela satu sama lain. “Jangan karena politik kita saling sikut satu sama lain, tapi kita harus bersatu menuju Papua yang sejahtra,” tutupya.

 

Leave a Comment