Pasific Pos.com
HeadlineInfo Papua

Para Pimpinan dan Tokoh Lintas Agama di Papua Sampaikan Deklarasi dan Imbauan Pilkada Damai

Para pimpinan dan tokoh lintas agama Provinsi Papua yang tergabung dalam FKUB Provinsi Papua menyatakan deklarasi.

Jayapura – Para pimpinan dan tokoh lintas agama Provinsi Papua yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Provinsi Papua menyatakan deklarasi dan imbauan untuk seluruh umat beragama di Provinsi Papua dalam menghadapi dan melaksanakan Pemilukada Gubernur, Bupati, Walikota dan para Wakilnya di seluruh Tanah Papua.

Deklarasi dan imbauan ini disampaikan sebagai rangkaian kegiatan “Melangitkan Doa untuk Pilkada Damai di Tanah Papua”, Selasa (13/8/2024) di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua.

Deklarasi dan Imbauan tersebut ditujukan pada masyarakat umat beragama, pimpinan partai politik, dan tokoh agama, calon kepala daerah, para pimpinan umat beragama dan tokoh masyarakat, pemerintah, penyelenggara Pemilukada dan penegak hukum, seluruh umat beragama dan segenap elemen masyarakat.

Selengkapnya isi deklarasi dan imbauan yang dibacakan oleh Pdt. MPA. Maury tersebut adalah sebagai berikut  :

  1. Mengajak semua masyarakat/umat beragama yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilih tersebut dengan penuh tanggung jawab dan tidak bersikap ‘golput’, untuk kepentingan serta kemaslahatan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Tanah Papua.
  1. Mengimbau pimpinan partai politik, dan tokoh agama untuk menjaga dan merawat kerukunan umat beragama demi persatuan dan kesatuan bangsa di Tanah Papua.
  1. Mendorong semua calon kepala daerah dan para pendukungnya baik provinsi, kota dan kabupaten untuk menjunjung tinggi prinsip kebersamaan, kekeluargaan, toleransi, dan keharmonisan masyarakat dan umat beragama di Tanah Papua.
  1. Mengimbau kepada para pimpinan umat beragama dan tokoh masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dan pembangunan yang bersifat santun dan humanis dengan penuh rasa tanggung jawab, yang dilandasi prinsip moral sebagai umat beragama, demi tercapainya ketertiban yang baik untuk kepentingan umat dan masyarakat di Tanah Papua.
  1. Mengimbau pemerintah, penyelenggara Pemilukada dan penegak hukum agar melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing secara profesional, adil dan bermartabat agar pelaksanaan Pemilukada berjalan lancar, bermartabat dan sukses.
  1. Mengimbau kepada para pemimpin umat beragama untuk menjaga netralitas tempat ibadah gereja, masjid, katedral, vihara, dan pura agar tetap steril dari kegiatan politik praktis.
  1. Mengajak seluruh umat beragama dan segenap elemen masyarakat untuk menciptakan kondisi sosial yang harmonis, toleran, demokratis, bagi penyelenggaraan pemilu yang baik dan damai, serta menerima hasilnya secara arif, bijaksana, dan sportif untuk kebaikan dan kepentingan bersama bagi kehidupan umat dan masyarakat yang adil dan sejahtera di Tanah Papua.

Saat membacakan Deklarasi dan Imbauan Pdt. Maury didampingi oleh Sekretaris FKUB Provinsi Papua T.H. Pasaribu, anggota FKUB I Komang Alit Wardhana, Amirullah, dan Ponco S. Winata.

Seusai membacakan deklarasi para tokoh lintas agama ini menandatangani dokumen deklarasi dan imbauan. Setelahnya, FKUB menyerahkan dokumen deklarasi ini kepada kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Klemens Taran, yang kemudian meneruskannya kepada Musa Isir mewakili Penjabat Gubernur Papua.

Tidak hanya itu saja para tokoh agama ini kemudian menandatangani papan deklarasi dan imbauan di tempat yang sama.

Papan deklarasi dan imbauan ini untuk selanjutnya akan diserahkan pada Penjabat Gubernur Papua dan direncanakan dipasang di kompleks Kantor Gubernur Provinsi Papua menjelang dan selama penyelenggaraan pilkada.

Leave a Comment