Pasific Pos.com
HeadlineKota Jayapura

Kota Jayapura Terima Penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Susan Greace Gaspersz selaku Kepala Bagian Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyerahkan penghargaan berupa piala dan piagam kepada Pemerintah Kota Jayapura sebagai salah satu penerima UHC Awards 2024.

Penghargaan tersebut diterima oleh Asisten Bidang Perekonomian Setda Kota Jayapura, Widi Hartanti  di sela apel gabungan jajaran OPD Pemkot Jayapura, Senin (12/8/2024).

Penyerahan penghargaan ini salah satu momen penting dalam perjalanan Pemerintah Kota Jayapura untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi seluruh warganya.

Kegiatan penting ini merupakan ucapan dan penghargaan khusus pencapaian keikutersertaan  Kota Jayapura yang selama ini terus berupaya memastikan seluruh warganya mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan.

Susan Greace Gaspersz selaku Kepala Bagian Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menyampaikan, penghargaan yang mendalam kepada Pemerintah Daerah Kotamadya Jayapura atas dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan.

“Penghargaan UHC Award 2024 ini merupakan pengakuan atas komitmen dalam satu dekade dan upaya tak kenal lelah yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kota Jayapura dalam memperluas cakupan layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Susan.

Menurutnya, pencapaian ini bukanlah hal yang mudah, namun dengan kerja sama yang baik antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah, pihaknya berhasil mewujudkan Cakupan Kesehatan Universal di Jayapura.

UHC Award 2024 yang diberikan kepada Kota Jayapura tidak lepas dari berbagai upaya strategi yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam beberapa tahun terakhir. Melalui sinergi yang erat dengan BPJS Kesehatan, Pemerintah Kota Jayapura berhasil meningkatkan cakupan jaminan kesehatan nasional (JKN) hingga mencapai hampir 100 persen dari total jumlah penduduk.

Selain itu, memastikan berbagai program inovatif juga diluncurkan untuk layanan kesehatan dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, termasuk yang berada di daerah terpencil.

BPJS Kesehatan Cabang Jayapura juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung Pemerintah Kota Jayapura dalam mencapai target-target kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kami siap untuk terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas dan cakupan layanan kesehatan. Penghargaan ini merupakan simbol dari kemitraan yang telah terjalin dengan baik, dan kami berharap kemitraan ini akan semakin kuat di masa mendatang,” ungkap Susan.

Widi Hartanti selaku Asisten Bidang Perekonomian Setda Kota Jayapura, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang mendalam kepada BPJS Kesehatan atas penghargaan yang diberikan. Ia juga menegaskan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras bersama antara pemerintah daerah, BPJS Kesehatan, serta dukungan penuh dari seluruh masyarakat Kota Jayapura.

“Piala dan Piagam UHC Award 2024 ini adalah bukti nyata bahwa dengan kerja sama yang solid dan komitmen yang kuat, kita dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan merata bagi seluruh masyarakat. Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh masyarakat kota Jayapura,” ucapnya.

Widi menekankan pentingnya menjaga momentum ini dengan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Pencapaian ini bukanlah akhir, melainkan awal dari langkah-langkah selanjutnya untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan sistem kesehatan di Kota Jayapura.

“Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih mudah diakses oleh semua. Meskipun telah meraih UHC Award 2024, Pemkot Jayapura menyadari bahwa tantangan di sektor kesehatan masih ada,” ungkap Widi.

“Salah satunya adalah bagaimana memastikan bahwa layanan kesehatan yang diberikan benar-benar merata dan berkualitas di seluruh wilayah, termasuk daerah-daerah terpencil yang mungkin masih sulit dijangkau,” tambahnya.

Untuk itu, pemerintah daerah berencana untuk terus memperkuat infrastruktur kesehatan, memperluas jaringan layanan kesehatan, dan meningkatkan kapasitas tenaga medis yang tersedia.

Selain itu, Pemerintah Kota Jayapura juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia.

“Kami akan terus berupaya untuk memastikan bahwa seluruh warga Jayapura tidak hanya memiliki akses terhadap layanan kesehatan, tetapi juga memahami pentingnya menjaga kesehatan diri dan keluarga. Pendidikan kesehatan akan menjadi fokus utama kami dalam beberapa tahun ke depan,” kata Widi.

Dengan diraihnya Piala dan Piagam UHC Award 2024, Kota Jayapura diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya mencapai Cakupan Kesehatan Universal. Pemerintah Kota Jayapura berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, demi terwujudnya kesejahteraan yang lebih merata dan berkelanjutan.

Leave a Comment