Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Pj Wali Kota Jayapura Resmikan Koperasi GKI Siloam Waena

Pj Wali Kota Jayapura saat melakukan penandatanganan prasasti Koperasi GKI Siloam Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Selasa 30 Juli 2024. (Foto Tiara).

Jayapura – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Jayapura Papua menyerahkan bantuan kepada 40 pelaku koperasi dan sekaligus peresmian kantor Koperasi GKI Siloam Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Christian Sohilait didampingi Kepala Disperindakop Robert Awi sekaligus meresmikan Koperasi GKI Siloam Waena yang ditandai dengan penandatanganan prasasti Koperasi GKI Siloam Waena di halaman Kantor Koperasi GKI Siloam Waena, Distrik Heram, Selasa, 30 Juli 2024.

“Selain memberikan bantuan untuk Gereja GKI Siloam Waena, tapi juga kita memberikan bantuan usaha untuk beberapa koperasi-koperasi yang ada di sini termasuk para pelaku usaha dari mama mama. Kenapa kita lakukan ini? Karena hari-hari ini mental orang konsumtif itu sangat tinggi. Untuk itu, perlu adanya Koperasi agar dapat menolong sehingga uang itu bisa berputar dengan baik pula,”kata Christian Sohilait usai menyerahkan bantuan dan meresmikan Koperasi GKI Siloam Waena.

Dikatakan, meski Pemkot Jayapura memberikan bantuan sebagai stimulus atau suntikan saja, tapi untuk pengembangannya semua ada di masyarakat sebagai pengelola Koperasi. “Jadi, kita harus memberikan support memang uangnya kecil tapi yang kita berharap uangnya dapat digunakan untuk diputar lagi dengan baik,” jelasnya.

Namun demikian ia berharap dengan adanya bantuan yang diberikan ini, baik koperasi yang sudah dijadikan dalam bentuk bangunan tapi juga bantuan uang tunai ataupun bantuan bahan pokok yang tadi diserahkan dapat memacu seluruh masyarakat yang ada di sini.

“Kita berharap dengan bantuan yang diberikan ini dapat memacu perekonomian di Kota Jayapura sehingga angka kejahatan dapat ditekan. Karena begini kalau orang punya usaha dan mendapat uang itu dapat menekan angka kejahatan di daerah ini. Kalau orang tidak punya uang tidak punya usaha maka memacu orang untuk berbuat kejahatan,” tekannya.

Untuk itu, lanjutnya, dengan momen HUt Koperasi ini kita perlu membangkitkan kembali denyut nadi usaha kita tantangan baru yang dihadapi oleh dunia usaha juga koperasi.

“Jadi tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi bagaimana untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamisdinamis, ” terangnya.

Sementara itu, masih ditempat yang sama, Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert L.N Awi mengatakan, jika kegiatan hari ini juga dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) koperasi Ke-77 tahun 2024 tingkat kota Jayapura.

“Kami menyerahkan bantuan untuk 10 koperasi adat dan bantuan untuk 30 koperasi umum serta hibah dana usaha,” jelas Robert Awi.

Untuk itu, Robert Awi menambahkan, maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini pengelola atau pengurus koperasi, memperkuat akses jaringan usaha koperasi (JUK) dan memperkuat pembiayaan dan meningkatkan pengembangan usaha koperasi melalui model bisnis koperasi serta penguatan modal usaha kepada pelaku usaha OAP pada tiga pasar yang ada di kota Jayapura.

“Program ini adalah untuk meningkatkan penataan manajemen koperasi bagi pengurus koperasi di Kota Jayapura dan pemberian bantuan modal usaha bagi 313 pelaku usaha di Pasar Youtefa, Pasar Hamadi dan Pasar Koya Timur,” paparnya. (Tiara).

Leave a Comment