Pasific Pos.com
HeadlinePendidikan & Kesehatan

Seleksi Kontes SMK Mitra Binaan AHM Tingkat Sekolah di Papua Kembali Digelar

Siswa SMK Binaan AHM sedang ujian praktek.

Jayapura – Dalam upaya meningkatkan kualitas dalam mengimplementasikan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMK Mitra Binaan AHM, Astra Motor Papua selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Wilayah Papua melakukan seleksi kontes SMK Mitra Binaan jurusan (TSM) tingkat sekolah di 5 SMK binaan yang di kemas dengan “Festival Vokasi Satu Hati 2025”.

Kegiatan Festival Vokasi Satu Hati 2025 ini diselenggarakan setiap tahun sekali secara bertingkat mulai dari tingkat sekolah, regional hingga nasional yang terdiri dari dua kategori yaitu kategori siswa dan kategori guru produktif.

TSD and Parts Manager sekaligus Vocational Manager Astra Motor Papua Harry Pranata  menyebutkan bahwa Festival Vokasi Satu Hati 2025 Papua dilaksanakan di 5 SMK Mitra binaan. Untuk kegiatan tahap seleksi kontes SMK Tingkat sekolah ini di laksanakan serentak pada tanggal 9 – 10 Oktober 2024. SMK yang mengikuti seleksi ini diantaranya adalah SMK Negeri 3 Jayapura, SMK Negeri 1 Sentani, SMK Santo Antonius Merauke, SMK Negeri 2 Nabire dan SMK Negeri 2 Kaimana.

“Program Festival Vokasi Satu Hati merupakan upaya dan konsistensi Honda dalam berkontribusi membangun bangsa melalui program pendidikan yang mengusung semangat sinergi bagi negeri. Ajang bergengsi ini juga diharapkan dapat kembali menghasilkan generasi unggul di bidang vokasi dengan terus berupaya mendorong hadirnya pendidikan berkualitas sersama para garda terdepan pendidikan yang kompeten,” ungkap Harry.

Harjito selaku Vocational Officer Main Dealer Astra Motor Papua menyampaikan, dalam kegiatan seleksi ini diikuti seluruh siswa kelas XII dan seluruh guru produktif khususnya jurusan TSM di masing-masing SMK mitra binaan, pihaknya menyiapkan soal untuk diujikan kepada guru maupun siswa di sekolah.

Pada seleksi tahap pertama ini, soal teori diberikan secara online dan soal praktik meja oleh siswa dan guru di sekolah diawasi secara langsung dari Main Dealer secara daring.

Harjito bilang, dalam pembinaan SMK salah satu kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun adalah kegiatan kontes SMK seperti yang saat ini dilakukan, tujuanya untuk mengukur kompetensi siswa maupun guru SMK Mitra Binaan AHM yang sudah menginplementasikan kurikulum TSM berbasis dunia industri (DUDI) Astra Honda.

“Para siswa dan guru terbaik dari masing-masing SMK mitra binaan nantinya akan kami undang ke Main Dealer untuk mengikuti kontes SMK tingkat Regional pada November 2024, siswa dan guru terbaik dari yang terbaik dari 5 SMK Mitra Binaan selanjutnya akan mengikuti Kontes SMK di tingkat nasional yang akan diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor pada Februari  2024 di AHM-SRTC Bekasi,” pungkasnya.

Leave a Comment