Pasific Pos.com
Info PapuaPendidikan & Kesehatan

Cerita Maria Baru Daftar JKN dan Langsung Aktif Digunakan Berobat Anaknya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase mengunjungi pasien peserta JKN. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Maria, 42 tahun salah seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan lantaran baru saja mendaftar sebagai peserta, dan langsung bisa digunakan untuk berobat anaknya.

Dia pun menceritakan pengalamannya terbantu dengan program JKN ketika buah hatinya mengalami demam tinggi dan belum memiliki jaminan kesehatan apapun.

“Saya mencoba mengurus pendaftaran ke Kantor Cabang dan langsung dibantu proses pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN,” ungkap Maria di Jayapura, Rabu (7/8/2024).

Maria mengaku bersyukur menjadi peserta JKN yang ternyata sangat cepat, mudah, dan setara  karena BPJS Kesehatan berhasil mewujudkan cakupan kepesertaan semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

Menurutnya, dengan tercapainya UHC, maka secara tidak langsung masyarakat bisa saling membantu atau mensubsidi sesame bagi yang membutuhkan.

Maria juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mendorong percepatan pendaftaran peserta JKN.

Menurutnya, pencapaian UHC ini bukan hanya tentang statistik, tetapi tentang nyawa dan kesejahteraan masyarakat. Ia  berharap BPJS Kesehatan terus meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan pencapaian ini, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya.

Sementara itu, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura bersiap untuk menggelar acara puncak pemberian penghargaan UHC Award 2024 kepada Kepala Daerah se-wilayah Jayapura di Provinsi Papua. Acara yang akan berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom Jakarta  ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan kontribusi aktif para Kepala Daerah dalam mewujudkan program UHC di wilayahnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase menyampaikan apresiasi atas kerja keras kepala daerah di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah kerja cabang Jayapura yang telah berhasil mencapai UHC di daerahnya masing-masing melalui program JKN.

Deny menjelaskan bahwa UHC Award 2024 bertujuan untuk mendorong semangat para Kepala Daerah dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Penghargaan ini juga menjadi ajang evaluasi terhadap capaian program JKN di setiap daerah, serta sebagai motivasi untuk terus berupaya mencapai target UHC.

Terkait kriteria penilaian terhadap para penerima penghargaan UHC Award 2024 yang dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, baik dari segi kepesertaan dan dukungan anggaran, Deny mengatakan, diberikan kepada pemerintah daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan lebih dari 95 persen dari Jumlah Penduduk dan kriteria realisasi dukungan anggaran oleh pemerintah daerah alokasi program JKN melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Deny menyampaikan bahwa melalui pemberian penghargaan ini, BPJS Kesehatan berharap dapat semakin memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Sehat.

“Diharapkan, penghargaan UHC Award 2024 dapat menjadi motivasi bagi seluruh pemangku kepentingan untuk terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui jaminan kesehatan,” ujarnya.

Leave a Comment